zakat untuk terdampak Covid-19
Kemenag Kabupaten Pati menyalurkan zakat untuk terdampak Covid-19. (foto : suaramuria.com)

PATI, suaramuria – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pati memberikan perhatian serius kepada korban terdampak covid-19. Salah satu caranya melalui penyaluran zakat untuk terdampak Covid-19 yang terus dimaksimalkan.

Sedikitnya 2.350 paket sembako hasil zakat itu dibagikan kepada penerima di wilayah Kabupaten Pati bagian selatan. Ribuan bantuan itu disalurkan melalui empat kantor urusan agama (KUA) yang ada di Kecamatan Jakenan, Jaken, Winong, dan Pucakwangi.

“Bantuan zakat untuk terdampak Covid-19 ini kami salurkan melalui KUA, dan dibagikan oleh penyuluh agama Islam wilayah masing-masing,” Kata Ahmad Syaiku Kepala Subbag TU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati selaku ketua panitia.

BACA JUGA : Operasi Pasar, Bulog Siapkan 15 Ton Gula

Kegiatan peduli covid-19 ini memang diinisiasi dari zakat ASN Kemenag Pati yang disetorkan kepada Unit Pengumpul Zakat (UPZ) setiap bulannya. Hasilnya ribuan paket zakat untuk terdampak Covid-19 terkumpul.

Paket tersebut berisi beras sebanyak 5 kilogram, minyak goreng, sabun antiseptik, dan masker. Paket zakat untuk terdampak Covid-19 itu telah dibagikan ke sebanyak 94 desa. Para penerima tersebar di 30 desa di Kecamatan Winong.

Perima zakaat lainnya tersebar di sebanyak 23 desa di Kecamatan Pucakwangi, sebanyak 20 desa di Kecamatan Jakenan, dan sebanyak 21 desa di Kecamatan Jaken. Data penerima berasal dari masing-masing KUA di setiap kecamatan di Kabupaten Pati.

“Kami memang berupaya memaksimalkan zakat pegawai Kemenag Pati setiap bulannya. Dengan adanya musibah kali ini kami berupaya memberikan bantuan sembako bagi warga yang terdampak,”terangnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pati Imron Rosyidi dalam sambutan berharap bantuan tersebut bisa memberi manfaat dan dapat meringankan warga yang terdampak pandemi.

Paket Zakat yang Lebih Besar

Ia mendorong para ASN di lingkungan Kantor Kemenag Pati berlomba-lomba dalam kebaikan, salah satunya dengan mengumpulkan zakat. Zakat yang disalurkan itu diharapkan mampu meringankan beban keluarga terdampak Covid-19

Disebutkan, penyaluran zakat akan terus diupayakan untuk meringankan beban terdampak Covid19.

“Rencananya kami akan mengupayakan dengan paket yang lebih besar lagi. Ini tentu menjadi bagian dari langkah bersama-sama dalam menghadapi covid-19 kali ini,” terangnya.(SRM)

 

Tinggalkan Balasan