YPM NU galang donasi dari luar negeri
YPM NU Jepara menyerahkan donasi yang dikumpulkan dari Malaysia dan Kanada. (foto : suaramuria.com)

JEPARA, suaramuria.com – Yayasan Pendidikan Muslimat (YPM) Nahdlatul Ulama (NU) Cabang Jepara berhasil menggalang donasi dari luar negeri. Donasi berasal dari Malaysia dan Kanada.

YPM NU Cabang Jepara menyalurkannya donasi dari luar negeri itu untuk bantuan guru kelompok bermain (KB) dan TPQ.

Ketua YPM NU Jepara Noor Zainuroh mengatakan, bantuan ini bermula dari keprihatinan melihat guru-guru KB dan TPQ yang libur tidak mengajar saat pandemi covid-19 sekarang ini. Kondisi ini membuat mereka tidak menerima gaji.

”Kami awalnya menghubungi anak-anak di Malaysia dan Kanada, kemudian ada bantuan ditambah dari kelompok pengajiannya dan terkumpul donasi sampai Rp 30 juta,” terangnya.

Donasi tersebut akan disampaikan kepada para guru yang terdampak covid-19.

BACA JUGA : Kantor Kemenag Jepara Bagikan Ribuan Paket Sembako Zakat

”Dana ini akan disampaikan untuk 194 orang guru. Jumlahnya tidaklah besar, tetapi kami berharap dapat meringankan beban para guru sekarang ini,” terangnya.

Penyaluran bantuan diambil oleh koordinator lembaga atau kepala sekolah untuk kemudian disalurkan lagi kepada guru penerima. Penyaluran ini untk menghindari kerumunan di saat terjadi wabah covid-19.

Sekretaris YPM NU Jepara Farida Ahmad menyampaikan, Dampak Covid-19 saat ini benar-benar dirasakan oleh guru KB dan TPQ. Lembaga ini tidak menerima bantuan operasional sekolah (BOS) yang bisa dimanfaatkan untuk gaji mereka.

”Kondisi ini membuat prihatin bagi mereka, sehingga kami berupaya memperhatikan melalui bantuan ini,” terangnya. (SRM)

Tinggalkan Balasan