pengobatan gratis
Warga memanfaatkan program pengobatan gratis yang digelar PWI Kabupaten Kudus.

KUDUS, suaramuria.com – Persatuan Warga Indonesia (PWI) Kabupaten Kudus menggelar pengobatan gratis di Desa Setrokalangan, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, Minggu (15/3).

Kegiatan bakti sosial (baksos) itu juga untuk mengajak masyarakat untuk membiasakan pola hidup sehat, sekaligus upaya mencegah penyebaran virus corona.

Pengobatan gratis yang digelar di Balai Desa Setrokalangan itu, mendapatkan respons positif masyarakat.

“Dari undangan yang kami sebarkan kepada masyarakat lewat bantuan perangkat desa, tercatat ada sekitar 150-an orang yang hadir,” kata Ketua Panitia Baksos PWI Kabupaten Kudus Burhanudin Firdaus.

BACA JUGA : Pasien Isolasi Khusus RSU Kudus Negatif Corona

Bahkan ketika pengobatan ditutup, warga masih tetap berdatangan untuk melakukan pengobatan karena banyak warga yang mengeluhkan sakit, mulai dari lambung, asma, demam, radang hingga keluhan batuk.

Gandeng Dokter

Bakti sosial pengobatan gratis di desa yang baru saja tergenang banjir itu digelar dengan menggandeng dokter dan perawat dari komunitas Wong Sehat FC (WSFC) RSU Loekmonohadi Kudus.

Juru Bicara Wong Sehat FC Saiful Annas menambahkan, kegiatan pengobatan gratis ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Selain itu tem medis juga melakukan sosialisasi untuk mencegah penyebaran virus corona.

“Warga yang terdeteksi memiliki gejala mirip terpapar virus corona bisa langsung dirujuk untuk mendapatkan penanganan dini di RSU dr Loekmonohadi Kudus,” katanya.

Kepala Desa Setrokalangan Didik Handono menyambut positif kegiatan bakti sosial pengobatan gratis karena sebelumnya warganya memang dilanda banjir sehingga perlu pemeriksaan untuk mencegah terjadinya penyakit akibat terdampak banjir.

Hasil pemeriksaan sebelumnya oleh tim medis dari Puskesmas, tidak ditemukan adanya keluhahan sakit yang berat. Karena saat ini sedang mewabah virus corona, warganya juga perlu pengecekan kesehatan lanjutan.

Warga yang memiliki gejala penyakit tertentu, lanjut dia, bisa diambil tindakan segera untuk diobati.

“Melalui pemeriksaan kesehatan secara periodik, setidaknya warga juga semakin sadar bahwa pola hidup sehat penting dilakukan,” katanya.

Dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona, Pemdes Setrokalangan juga rutin melakukan kampanye gerakan masyarakat hidup sehat serta untuk mengajak warganya rajin cuci tangan setelah beraktivitas untuk mencegah penularan penyakit. (SRM)

Tinggalkan Balasan