26.9 C
Kudus
Sabtu, 20 Juli 2024
BerandaKudusWarga Gondangmanis Kenalkan Kuliner Khas Baru Nyamplung Telo dan Pecel Gondang

Warga Gondangmanis Kenalkan Kuliner Khas Baru Nyamplung Telo dan Pecel Gondang

- Advertisement -spot_img

KUDUS,suaramuria.com – Warga Desa Gondangmanis, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus mengenalkan dua kuliner khas baru yakni Nyamplung Telo dan Pecel Gondang. Dua kuliner khas itu diluncurkan berbarengan acara Gondangmanis festival, Minggu (9/10) pagi.

Nyamplung Telo adalah penganan sejenis kolak. Bedanga, kuliner ini diolah dari berbagai bahan khusus dengan bahan utama ketan.

“Sedangkan Pecel Gondang berbeda dengan pecel lainnya, karena menggunakan kacang mede sebagai campuran bumbunya,” kata Susanto, Kepala Desa Gondangmanis.

BACA JUGA : Es Gempol Pleret, Minuman Santan Nan Menyegarkan

Ia mengatakan, terobosan kuliner baru ini upaya pemerintah desa dalam rangka menumbuhkan potensi UMKM agar sejalan dengan program Pemkab Kudus, salah satunya dengan menyelenggarakan festival tersebut.

“Semoga dengan festival ini dapat mendukung UMKM Desa Gondangmanis agar semakin menggeliat dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan yang sejalan dengan Pemkab Kudus,” harapnya.

Susanto mengatakan bahwa gagasan Festival Gondangmanis ini selain untuk menumbuhkan ekonomi kerakyatan, juga bertujuan untuk melaunching dan mengangkat kearifan lokal desanya atas produk baru yang dihasilkan berupa Nyamplung Telo dan Pecel Gondang.

Bupati Kudus Hartopo yang hadir bersama istri, Mawar Anggraeni tak lupa mencicipi dua kuliner khas tersebut. Ia mengapresiasi kreativitas warga Gondangmanis untuk mengeksplore kekayaan desa melalui produk kuliner baru ini.

“Jangan lupa terus dikembangkan. Dikemas semenarik mungkin. Urus perizinannya. Pemkab Kudus melalui OPD terkait akan memfasilitasi untuk pengembangannya sekaligus mempromosikan dua kuliner khas ini,” katanya. (srm)

BACA JUGA  14 Atlet PB Djarum Terjun di Badminton Asia Championship
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

443FansSuka
397PengikutMengikuti
37PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img

Berita Terkini

- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini