- Advertisement -spot_img
28.4 C
Kudus
Senin, 27 Juni 2022
BerandaPatiWabah Penyakit Mulut dan Kuku Merebak, Polres Gencarkan Sosialisasi

Wabah Penyakit Mulut dan Kuku Merebak, Polres Gencarkan Sosialisasi

- Advertisement -spot_img

PATI, Suaramuria.com – Wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) merebak di sejumlah daerah akhir-akhir ini. Berbagai upaya pun dilakukan untuk mencegah wabah penyakit pada hewan ternak itu meluas.

Selain sejumlah upaya yang dilakukan pemerintah daerah (pemda), anggota kepolisian turut diterjunkan untuk membantu. Diantaranya yakni memberikan sosialisasi kepada para peternak dan pedagang hewan di Kabupaten Pati.

Pendekatan dari berbagai sisi itu diharapkan dapat membuat kesadaran para peternak dan pedagang terkait wabah tersebut bisa lebih baik. Sehingga mereka dapat semakin mewaspadai dan berhati-hati dalam merawat hewan ternaknya.

Sosialisasi itu seperti yang dilakukan oleh Kasihumas Polres Pati Iptu Sukarno, Kasatbinmas AKP Eko Pujiyono serta Kapolsek Margorejo AKP Sukarno di sejumlah peternakan sapi di Kecamatan Margorejo Rabu (11/5) kemarin.

Diantara yang dikunjungi itu seperti di kandang sapi milik Biyanto warga Desa Margorejo dan kandang sapi milik Sutomo warga Desa Banyu Urip, Kecamatan Margorejo. Dua kandang itu memang memiliki puluhan ekor sapi.

BACA JUGA : Alun – Alun Timur Pati Jadi Jujukan Pemudik

Kapolres Pati AKBP Christian Tobing melalui Kasihumas Iptu Sukarno menyebut kedatangannya memang untuk mengingatkan agar para peternak untuk dapat selalu waspada dengan penyakit mulut dan kuku pada ternak hewan yang saat ini baru mewabah.

“Kami meminta apabila ditemui hewan ternak sapi, kerbau, kambing dan lainnya yang mulutnya berbusa, kuku pecah-pecah dan demam agar segera dilaporkan kepada pihak terkait yaitu Dinas Peternakan Kabupaten Pati atau dokter hewan,”ujarnya.

Selain itu, apabila dijumpai sapi mati dia juga meminta agar segera dikubur. Dia juga meminta agar sapi mati tersebut untuk tidak dipotong apalagi dagingnya dijual.

“Selalu waspada dan hati-hati terhadap Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak peliharaannya,”imbuhnya.(srm)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

443FansSuka
397PengikutMengikuti
37PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img

Berita Suara Muria Terkini

- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini