- Advertisement -spot_img
25.2 C
Kudus
Minggu, 26 September 2021
BerandaKudusUsai Lebaran, Kasus Baru Covid-19 di Kudus Melonjak

Usai Lebaran, Kasus Baru Covid-19 di Kudus Melonjak

- Advertisement -spot_img

KUDUS, suaramuria.com – Kasus baru Covid-19 di Kabupaten Kudus melonjak usai lebaran. Setelah sempat tiga hari terakhir tercatat hanya ada satu pasien positif Covid-19, kasus baru bertambah 4 kasus, Minggu (31/5) sore.

Total masih ada sebanyak delapan kasus. Empat dari dalam daerah, empat lainnya dari luar daerah. Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kudus dokter Andini Aridewi mengatakan, empat kausus yang baru terkonformasi tersebut terdiri atas tiga warga Kabupaten Kudus dan satu lainnya warga luar daerah.

BACA JUGA :Pasar dan Mall di Kudus Disiapkan Hadapi New Normal

Keempat pasien tersebut tidak memiliki pernyakit penyerta. Mereka diketahui ada kontak dengan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19. “Dari 4 kasus baru tersebut, yang nakes satu orang. Sedangkan informasi tentang dua  nakes yangg lain domisili di luar  kudus,” kata Andini.

Empat kasus baru Covid-19 di Kudus

  1. Seorang laki-laki, 23 tahun, yang berdomisili di Kecamatan Kota. Riwayat perjalanan dari Yogyakarta. Ia telah dirawat di RSUD seja tanggal 30 Mei. Hasil swab dari RSND hari ini dinyatakan positif covid confirmed.
  2. Seorang perempuan, berusia 55 tahun yang tinggal di Kecamatan Gebog. Karena memiliki riwayat kontak dengan pasien Covid-19, kemudian dilakukan swab tanggal 29 Mei, setelah hasil rapid test reaktif. Hasil swab dari RSND hari ini dinyatakan positif covid confirmed. Ia dirawat di RSUD mulai hari ini.
  3. Seorang perempuan berusia 39 tahun asal Kecamatan Kaliwungu. Ia tidak ada riwayat perjalanan dari daerah terjangkit, namun ada riwayat kontak dengan penderita covid confirmed. Ia menjalani swab tanggal 29 dan 30 Mei. Hasil swab pertama dari RSND dinyatakan positif covid confimed. Ia tidak dirawat di rumah sakit, namun menjalani isolasi mandiri.
  4. Satu kasus dari luar daerah yang terkonfirmasi yakni seorang perempuan, 43 tahun asal Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak. Ia juga diketahui pernah kontak dengan penderita positif. Ia telah dirawat di RSUD sejak 30 Mei. Hasil swab dari RSND hari ini, dinyatakan positif covid confirmed.

Lebaran ke Rumah Menantu Positif Covid-19

Andini menambahkan, kasus pasien luar daerah proses tracing contact dan tindak lanjut lain dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan setempat.

Sementara itu, satu kasus baru Covid-19 di Kudus tersebut (Kecamatan Gebog) diduga berasal saat pasien tersebut bertandang ke rumah menantunya di Jepara. “Yang bersangkutan kontak dengan menantu yang positif Covid-19 dari Jepara,” katanya.

Dalam upaya pencegahan penularan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus memberlakukan jam malam yang dimulai dari pukul 21.00 – 06.00 WIB di kawasan perkotaan dan tempat keramaian.

Selain itu, telah terbentuk ratusan Satuan Tugas (Satgas) Jogo Tonggo dan Relawan Covid-19 yang tersebar di seluruh kecamatan di Kudus. (SRM)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

1,011PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: