28.3 C
Kudus
Minggu, 5 Februari 2023
BerandaKudusTok! DPRD Kudus Sahkan APBD 2023 Rp 1,956 Triliun

Tok! DPRD Kudus Sahkan APBD 2023 Rp 1,956 Triliun

- Advertisement -spot_img

KUDUS,suaramuria.com – Setelah melewati serangkaian pembahasan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kudus bersama Pemkab Kudus sahkan APBD 2023 pada rapat paripurna, Selasa (29/11) malam. APBD 2023 disahkan setelah sebelumnya Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kudus menggelar rapat bersama Tim Anggaran Pendapatan Daerah (TAPD).

Pada rapat paripurna tersebut Ketua DPRD Kudus Masan menyebutkan, Pendapatan Daerah pada APBD 2023 ditetapkan sebesar Rp 1,770 triliun. Sementara Belanja Daerah ditetapkan seebsar Rp 1,956 triliun.

“Defisit anggaran sebesar Rp 186,815 miliar ditutup dengan Pembiayaan Netto sebesar Rp 186,815 miliar,” katanya.

BACA JUGA : DPRD Kudus Gelar Workshop Bahas Sumber Keuangan Daerah dari DBHCHT

Masan mengatakan, penandatangan nota persetujuan bersama yang telah dilakukan ini sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

“APBD 2023 telah disahkan sebelum masuk batas akhir penetapan APBD. Jika lewat waktu yang telah ditentukan maka kita bakal mendapatkan sanksi,” terangnya.

Ia menambahkan, tahun 2023 menjadi momentum dalam memacu ekonomi masyarakat pasca Covid-19 dan inflansi.

Ia mendesak seluruh OPD bisa melaksanakan program-program yang telah disepakati bersama dalam APBD 2-23 di awal tahun.

“Kami berharap seluruh OPD agar lebih cepat menggunakan anggaran, sehingga manfaatnya bisa segera dinikmati oleh masyarakat. Tentunya dengan tetap menganut efesien dan efektifitas,” katanya.

sahkan apbd 2023
Anggota DPRD Kudus mengikuti rapat paripurna pengesahan APBD 2023 di gedung DPRD Kudus, Selasa (29/11) malam. (foto : suaramuria.com/dok)

Pada rapat paripurna itu, DPRD Kudus juga menetapkan perubahan program pembentukan peraturan daerah (Propemperda) 2022 dan Propemperda tahun 2023.

Program Prioritas

Sementara itu Bupati Kudus Hartopo mengapresiasi pengesahan APBD 2023 tepat waktu. Pelaksanaan anggaran oleh OPD akan terus dipacu agar semua kegiatan yang telah dianggarkan bisa segera terlaksana di awal tahun anggaran.

Hartopo mengatakan, APBD 2023 menitikberatkan pada realisasi janji visi dan misi dirinya sebagai kepala daerah. Ia mencontohkan, bantuan uang saku bagi penunggu pasien di kelas 3 RSUD dr Loekmonohadi Kudus akan kembali dicairkan.

BACA JUGA  Hibah Dana Banpol Naik Fantastis, Pemkab Kudus Alokasikan Rp 2,35 Miliar

“Anggarannya masih sama. Setiap keluarga penunggu pasien yang sakit di RSUD Kudus akan mendapatkan bantuan uang saku sebesar Rp 50 ribu selama tiga hari. Dengan bantuan ini kami berharap keluarga pasien bisa terbantu, keluarganya yang sakit bisa segera sembuh,” ujarnya.

Hartopo menambahkan, program-program bantuan sosial seperti santunan kematian hingga tunjangan kesejahteraan yang menjadi prioritas juga tetap dianggarkan.

“Program-program peningkatan ekonomi masyarakat akan kami pacu agar semakin cepat bangkit pasca pandemi Covid-19 saat ini,” katanya. (srm)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

443FansSuka
397PengikutMengikuti
37PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img

Berita Suara Muria Terkini

- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini