PATI, Suaramuria.com – Tiga korban tenggelam di perairan hingga saat ini belum juga diketemukan. Oleh karenanya, Satpolair Polres Pati mengimbau kepada para nelayan untuk lebih berhati-hati saat melaut. Terlebih cuaca buruk terjadi pada beberapa hari terakhir ini.

Kasatpolair Polres Pati Iptu Sutamto mengamini jika selama Januari ini ada tida orang yang hilang dilaut dan hingga saat ini belum ditemukan. Pertama adalah Joseph Vino Kurniawan warga Desa Growong, Kecamatan Juwana yang tenggelam saat bermain di sungai Silugonggo.

Kedua adalah Budiyono warga Pucakwangi yang perahunya dihantam oleh kapal niaga di perairan Banyutowo, Kecamatan Dukuhseti. Terakhir adalah Gusno, nelayan asal Grogilan, Kecamatan Dukuhseti yang hilang saat mencari ikan di Kepulauan Mondoliko, Jepara.

“Untuk yang korban ketiga hingga saat ini proses pencarian masih saja dilakukan,”ujarnya. Selasa (19/1/2021).

Diakuinya, proses pencarian tiga korban tenggelam yang hilang dilaut memang lebih sulit. Seringkali munculnya gelombang tinggi seringkali menjadi kendala tersendiri. Terutama untuk memprediksi keberadaan jenazah.

“Apalagi seperti saat ini, gelombangnya besar. Setiap pencarian, kami selalu memperhatikan tinggi gelombang dulu. Kalau gelombangnya landai, kami baru melakukan pencarian. Tapi kalau gelombang besar, kami kembali ke dermaga dulu,” imbuhnya.

BACA JUGA : Nelayan Dukuhseti Hilang Saat Melaut

Lebih lanjut, untuk pencarian dua korban yang merupakan warga Growong dan Pucakwangi, diakui sudah dihentikan. Lantaran sesuai.prosedur, apabila tujuh hari sudah dilakukan pencarian dan korban tidak ditemukan, maka pencarian dihentikan.

“Bukan berarti berhenti total. Kami tetap meminta bantuan kepada para nelayan yang melaut, agar apabila menemukan korban, segera untuk dilakuka  evakuasi,”tutupnya.(srm)

Tinggalkan Balasan