- Advertisement -spot_img
24.2 C
Kudus
Senin, 27 Juni 2022
BerandaPatiTari Tradisional Siswa PGRI Kayen Ramaikan Harkitnas

Tari Tradisional Siswa PGRI Kayen Ramaikan Harkitnas

- Advertisement -spot_img

PATI, Suaramuria.com – 18 tari tradisional yang dibawakan siswa SMA PGRI Kayen turut meramaikan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang jatuh pada 20 Mei ini. Bagi sekolah tersebut, Harkitnas turut menjadi momentum kebangkitan kreativitas siswa.

Selain 18 tari kreasi tradisional tersebut, para siswa juga membuat 27 film pendek. Bagi mereka kegiatan tersebut menjadi bentuk kebangkitan semangat berkreasi siswa pasca dua tahun ada pembatasan kegiatan.

Pagelaran karya itu juga diakui menjadi bentuk Mandiri Belajar. Dengan melibatkan siswa secara langsung diharapkan dapat menjadi penguat karakter bagi para siswa. Terlebih baik tari maupun film itu murni dikonsep oleh siswa secara mandiri. Meskipun ada guru pembimbing tapi hanya sebatas memfasilitasi bilamana ada siswa yang kesulitan.

Jenis tarian yang ditampilkan pun cukup beragam. Mulai tradisi kreasi Jawa maupun yang dikolaborasikan dari tari tradisi nusantara. Bahkan adapula yang mengkreasikan dengan tari modern.

BACA JUGA : Prototype Aplikasi TB Care Buatan SMA PGRI 2 Kayen Juarai Krenova

“Ini memang upaya kami membangkitkan semangat setelah pandemi. Sekaligus memperingati Harkitnas,”ujar Kepala SMA PGRI Kayen Surata.

Sementara itu Trisno Farida, seorang siswa kelas 12 SMA PGRI Kayen mengaku gembira sekolahnya bisa kembali mengadakan gelar karya. Apalagi dia hampir lulus dan selama ini belum pernah merasakannya lantaran banyak diisi pembelajaran daring.

“Bisa dikatakan dua tahun ini seni budaya vakum karena pandemi. Saya bersyukur tahun ini bisa kembali menyelenggarakannya,”tambahnya.(srm)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

443FansSuka
397PengikutMengikuti
37PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img

Berita Suara Muria Terkini

- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini