- Advertisement -spot_img
26.3 C
Kudus
Sabtu, 22 Januari 2022
BerandaKudusSumur Mengering, Warga Menduga Akibat Maraknya Industri

Sumur Mengering, Warga Menduga Akibat Maraknya Industri

- Advertisement -spot_img

KUDUS,suaramuria.com – Maraknya industri baru di wilayah timur Kabupaten Kudus memicu persoalan baru. Warga di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus mengeluhkan sumber air di sumur yang cepat mengering. Warga menduga akibat maraknya industri

Kondisi itu diduga akibat dari maraknya industri yang mengambil air dengan mengebor cukup dalam.

Kepala Desa Terban, Supeno menjelaskan beberapa pabrik dengan sumur dalam yang berdiri di sekitar Desa Terban. Di antaranya pabrik mebel, pabrik kertas, pabrik plastik, pabrik air mineral, dan pabrik rokok.

BACA JUGA : Tarik Investor, Kudus Siapkan 2.258 Hektare Kawasan Industri

“Banyaknya sumur yang dulunya bisa untuk menghidupi kebutuhan warga saat ini kondisinya kering semua karena adanya sumur dalam dari pabrik-pabrik di sekitar tempat tinggal warga,” katanya.

Supeno menyampaikan kejadian sumur yang kering itu sudah ada sejak tiga tahun belakangan ini. Bahkan, sumur di depan rumah Supeno saat ini juga ikut mengering.

“Hampir tiga tahun belakangan ini sumur saya dan warga sini tidak bisa digunakan. Dulu sumur depan rumah saya bisa digunakan untuk lima rumah. Sekarang tidak ada airnya,” katanya.

Menurutnya, saat ini warga di Desa Terban beralih menggunakan air PDAM. Namun, beralihnya warga menggunakan air PDAM membuat warga harus mengeluarkan uang lagi.

Hal ini menurutnya tidak perlu terjadi jika sumur warga tidak kering. Sehingga warga dapat menggunakan uang untuk kebutuhan lainnya.

“Jika pakai PDAM, warga kan harus keluar uang lagi. Pengeluarannya jadi bertambah,” ujarnya.

Supeno berharap ada solusi dari permasalahan ini. Sehingga sumur warga bisa dimanfaatkan kembali.

“Kami berharap ada pengendalian pengambilan air sumur dalam, sehingga sumber air di wilayah timur Kudus bisa terjaga,” katanya. (srm)

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

443FansSuka
397PengikutMengikuti
37PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img

Berita Suara Muria Terkini

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here