suara muria smk
Peluncuran Coding dan IoT Learning di SMK BTB Pati (foto : suaramuria.com)

PATI, suaramuria.com – Era revolusi industri 4.0 tidak sebatas direspon kalangan industri. Dunia pendidikan juga menyesuaikan dengan menerapkan pendekatan berbasis teknologi dalam penyelenggaraan pembelajaran.

SMK Bhina Tunas Bhakti (BTB) Juwana, Pati secara khusus menerapkan sistem pembelajaran melalui program Internet of Thing (IoT).

Kepala SMK Bhina Tunas Bhakti Juwana Roeslan menyebut, sekolahnya tidak asing dengan pola pembelajaran berbasis teknologi informasi. Peserta didik dan pendidik di sekolah berbasis industri itu, telah terbiasa dengan pola smart school learning.

“Kebetulan kami baru me-launching program Coding dan IoT Learning saat ini. Itu penegasan SMK Bhina Tunas Bhakti sebagai Smart School berbasis Revolusi Industri 4.0,” ujarnya saat peluncuran Coding dan IoT Learning di sekolahnya, Sabtu (4/1/2020).

BACA JUGA : Putri Indonesia Edukasi Siswa SMK 1 Pati

Launching dihadiri Bupati Haryanto dan jajaran pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pati. Kabid Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Hari Wuljanto yang didampingi Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Sunoto juga tampak hadir.

Peluncuran Coding dan IoT Learning merupakan rangkaian dari perayaan HUT ke-50 SMK Bhina Tunas Bhakti Juwana.  Sederet kegiatan digelar sebelumnya, antara lain kompetisi olahraga BTB Sport Championship (BSC), ziarah dan doa bersama warga sekolah ke makam sesepuh SMK BTB Ridwan, serta penyerahan tali asih kepada keluarga Ridwan.

Selanjutnya, warga SMK BTB bersama masyarakat membersihkan lingkungan sekitar lingkungan sekolah, bazar dan pentas musik, festival band SMP se-Kabupaten Pati, serta sepeda santai keluarga besar SMK BTB.

Kemudian kegiatan yang menyedot perhatian masyarakat lain berupa karnaval budaya Nusantara juga digelar. Siswa, guru, dan karyawan menampilkan beragam warna budaya Nusantara dalam karnaval tersebut.

“Kami pun melaksanakan aksi sosial berupa donor darah, servis motor murah bersama AHASS dan servis mobil bersama Nasmoco. Termasuk menggelar Job Canvasing Bursa Kerja Khusus. Tidak ketinggalan pagelaran wayang kulit dan pengajian umum BTB Berselawat bersama Habib Zaenal Abidin Assegaf,” katanya.

Bupati Haryanto mengapresiasi kerja keras berbagai pihak yang turut memajukan SMK BTB. Menurutnya, sekolah yang berada di Jalan Sunan Ngerang, Juwana itu, merupakan satu di antara sekian SMK di Pati yang konsisten dalam berinovasi.

“Kita memang harus terus berinovasi. Tanpa upaya pembaharuan akan ketinggalan. Bahkan, SMK yang selama ini menyiapkan lulusannya masuk dunia industri perlu memacu inovasi,” tandasnya. (SRM)

Tinggalkan Balasan