hari guru suaramuria
Para siswa SMPN 1 Kudus menggambar sketsa wajah guru wali kelas untuk memeriahkan hari guru dan HUT ke-74 PGRI, Senin (25/11). (foto : suaramuria.com)

KUDUS, suaramuria.com – Wajah Julietta Dini terlihat serius mengamati selembar foto di depannya. Wajah itu tidak asing baginya. Namun, ia butuh waktu untuk mengamati setiap detail wajah tersebut, sebelum menggoreskan pensil di gengaman tangan kanannya.

Dengan hati-hati, kertas putih di depan Dini mulai penuh coretan yang membentuk sektsa wajah. Wajah pada foto di depan Dini tak lain adalah wajah guru wali kelasnya.

Senin (25/11/2019), Dini bersama sebanyak 23 siswa SMPN 1 Kudus menggoreskan pensil menggambar sketsa wajah masing-masing guru.

Mereka menggambar untuk merayakan hari guru dan HUT ke-74 PGRI. Melalui sketsa itu, ia juga berharap para guru di sekolahnya untuk selalu sabar dalam mendidik murid-muridnya.

“Gambar sketsa ini sekaligus menjadi tanda cinta dan terima kasih kami atas jasa para bapak ibu guru yang mengajar kami tak kenal lelah,” kata Dini.

Humas SMP 1 Kudus Hasan Sunarto menuturkan, lomba melukis sketsa wajah guru itu digelar bertepatan dengan momentum hari guru. Kegiatan itu sekaligus untuk menggali potensi siswa dalam melukis.

“Tahun ini ada beberapa agenda untuk merayakan hari guru dan HUT PGRI. Salah satunya menggambar sketsa wajah wali kelas ini,” katanya.

Kegiatan itu juga untuk mengapresiasi peran dari seorang wali kelas. Hasan mengatakan, kegiatan ini merupakan inisiatif dari para siswa  pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMP 1 Kudus.

“Saat mereka menyampaikan gagasannya, kami menyambut baik dan memfasilitasinya,” katanya.

Hasan meminta para muridnya untuk terus mengasah keterampilannya dalam menggambar. Terlebih dalam menggambar wajah seseorang, butuh latihan dan kerja keras agar gambar yang dihasilkan bisa mirip dengan wajah aslinya.

“Kamiber pesan agar para murid tetap mengembangkan kreasinya. Tidak penting berapa hadiah yang kami berikan pada acara ini. Yang terpenting agar terus mengasah kemampuan seni maupun akademisnya, dan terus memiliki jiwa kompetisi untuk terus berkembang,” katanya. (SRM)

Tinggalkan Balasan