- Advertisement -spot_img
26.3 C
Kudus
Sabtu, 22 Januari 2022
BerandaKudusSiapkan Rp 40 Miliar dari DBHCHT, Pemkab Kudus Segera Cairkan BLT Buruh...

Siapkan Rp 40 Miliar dari DBHCHT, Pemkab Kudus Segera Cairkan BLT Buruh Rokok

- Advertisement -spot_img

KUDUS,suaramuria.comPemkab Kudus memastikan bantuan langsung tunai (BLT) untuk para buruh rokok segera dicairkan. Pemkab Kudus memprioritaskan pencairan BLT melalui anggaran Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBHCHT) akan ditetapkan melalui Peraturan Kepala Daerah (Perkada).

Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan, penyaluran bantuan langsung tunai itu termasuk kegiatan prioritas yang dianggap urgent (penting) dalam perubahan APBD yang akan ditetapkan melalui Perkada. “Dari hasil kajian BLT buruh rokok tetap menjadi prioritas dalam Perkada nanti,” kata Hartopo.

Pemkab Kudus mengalokasikan Rp 40 miliar anggaran DBHCHT untuk BLT yang akan disalurkan kepada 63.132 buruh rokok. Masing-masing buruh rokok akan mendapatkan BLT sebesar Rp 300 ribu per bulan.

BACA JUGA : Ratusan Buruh Rokok ‘Upgrade’ Keterampilan di BLK Kudus

Meski Kementerian Keuangan telah memberikan kelonggaran penerima BLT tidak harus masuk dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial – Red). Namun dalam pelaksanaannya nanti, kata Hartopo, data buruh penerima BLT tetap akan  melalui verifikasi dan validasi agar tepat sasaran.

“Sebab tidak semua buruh rokok masuk kategori miskin. Meski sebelumnya PPRK minta agar BLT diberikan kepada semua buruh, tetap ada verifikasi dan validasi terlebih dahulu,” katanya.

Hartopo berharap pencairan BLT nantinya bisa membantu menggerakkan perekonomian warga di tengah pandemi Covid-19. Pencairan BLT ini juga sejalan dengan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 206 Tahun 2020 disebutkan, kegiatan untuk kesejahteraan masyarakat dalam DBHCHT dialokasikan sebesar 50 persen.

Dua Bulan

Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Kudus, Agung Dwi Hartanto menambahkan, pencairan BLT rencananya dilakukan untuk dua bulan yakni Bulan November dan Desember.

Verifikasi dan validasi data penerima tetap diperlukan karena Pemprov Jateng juga berencana menyalurkan BLT serupa. Pemkab Kudus mengusulan sebanyak 25 ribu buruh rokok untuk mendapatkan BLT dari Pemprov Jateng.

Mereka yang diusulkan ke Pemprov Jateng adalah buruh yang bekerja di Kabupaten Kudus. Jika pun nantinya tidak semua disetujui, kata Agung pihaknya telah mengantisipasinya agar bisa mendapatkan BLT dari anggaran DBHCHT Kabupaten Kudus.

“Kami masih menunggu informasi dari Pemprov Jateng untuk kepastian persetujuan berapa yang akan diberikan BLT dari Pemprov Jateng,” katanya. (srm)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

443FansSuka
397PengikutMengikuti
37PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img

Berita Suara Muria Terkini

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here