Siap-siap, Tes SKB CPNS Pati Digelar September

0
tes skb cpns pati
Sejumlah peserta saat mendaftarkan diri sebelum mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) beberapa waktu lalu. (foto : suaramuria.com)

PATI, suaramuria.com – Para peserta tes CPNS di Kabupaten Pati yang lolos seleksi kompetensi dasar bisa bernafas lega. Setelah tertunda akibat pandemi Covid-19 Tes Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB CPNS Pati rencananya bakal digelar mulai September.

Kabid Formasi dan Jabatan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Pati Rizki Hermanu mengamini hal tersebut. Dia mengatakan rencananya untuk pelaksanaan tes SKB CPNS Pati bakal digelar antara September hingga Oktober mendatang.

“Namun untuk tanggal pastinya belum ditentukan kami masih harus menunggu. Namun untuk pelaksanaannya direncanakan di Semarang ,”ujarnya.

BACA JUGA : 19 Difabel Pelamar CPNS Dicoret

Dikatakannya untuk tekhnisnya nantinya akan seperti pada tes SKD yang lalu. Yakni dengan computer assestment test (CAT). Namun untuk pelaksanaannya akan tetap dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Jumlah peserta tiap sesinya akan dikurangi. Jika dahulu untuk SKD menggunakan 500 komputer nantinya SKB hanya 200an computer supaya jarak antar peserta tetap berjauhan,”tambahnya.

Panitia pun akan menyiapkan sarana prasarana seperti tempat cuci tangan, bilik disinfektan, dan termogun. Peserta yang suhu tubuhnya diatas 37,3 nantinya juga disediakan tempat tes khusus.

“Untuk pelaksanaan SKB, baik pengantar, keluarga maupun temannya juga tidak diperbolehkan memasuki lokasi ujian. Yang diperkenankan masuk hanya peserta untuk mengurangi kerumunan. Kami juga berharap para peserta agar dapat tetap menjaga kesehatan sehingga saat pelaksanaan tes kondisi dalam keadaan fit,” tambahnya.

Materi yang Diujikan

Materi yang diujikan dalam pelaksanaan tes SKB CPNS Pati nantinya akan lebih spesifik pada setiap bidang yang dilamar. Untuk penilaiannya nanti akan diakumulasikan 40 persen dari hasil SKD, ditambahkan 60 persen dari hasil SKB.

Seperti diketahui, Total sebanyak 6.585 peserta mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) untuk seleksi CPNS Kabupaten Pati. Dari jumlah itu, tercatat hanya sebanyak 3.453 peserta saja yang berhasil lolos dalam passing grade penilaiannya.

Dari jumlah itu, hanya 1.212 peserta saja yang dinyatakan berhak maju menjadi peserta SKB. Mereka akan memperebutkan lowongan CPNS di Kabupaten Pati yang tersedia sebanyak  494 formasi saja. (SRM)

Tinggalkan Balasan