26.9 C
Kudus
Sabtu, 20 Juli 2024
BerandaKudusSerunya Eduwisata Kebun Nanas Nusantara di Pedawang Kudus

Serunya Eduwisata Kebun Nanas Nusantara di Pedawang Kudus

- Advertisement -spot_img

KUDUS, suaramuria.com – Nanas tak sekedar buah bagi Warga Desa Pedawang, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Buah dengan daun berduri itu di Desa Pedawang menjadi lahan edukasi serta berwisata yang seru melalui eduwisata kebun nanas nusantara.

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Singo Barong Pedawang mengembangkan eduwisata kebun nanas sebagai potensi unggulan desa. Pengurus Pokdarwis Singo Barong Puji Idirianto menuturkan, ada sebanyak 16 varietas jenis nanas di kebun nanas nusantara yang ia kelola.

Karena banyaknya jenis nanas yang ditanam di lokasi itu, kata Puji, pihaknya menamai eduwisata kebun nanas nusantara. “Varietas nanas yang kami tanam berasal dari berbagai daerah di nusantara,” katanya.

BACA JUGA : Wabup Hanies: Potensi Woro Bisa Dikonversi Jadi Kekuatan Ekonomi

Berbagai jenis nanas itu antara lain nanas madu Pemalang, nanas madu Palembang, nanas madu Jambi, nanas Prabumulih, nanas Siak, nanas Pekanbaru, nanas putih, dan nanas merah.

Di lokasi eduwisata kebun nanas itu, para pengunjung dapat melihat proses penanaman, panen, hingga mencicipi aneka varian buah nanas.

“Paket wisata edukasinya mulai melihat kebun nanas, menanam, anak-anak kami ajari membuat serat dari daun nanas, bermain game, dan menikmati buah dan es sari nanas. Anak-anak juga mendapat bingkisan olahan sale nanas,” katanya.

Pihaknya berharap, potensi unggulan Desa Pedawang kali terus berkembang.

Outing Kelas

Eduwisata kebun nanas ini banyak menarik minat siswa untuk belajar di luar kelas. Guru SDIT Al Islamiyah Karangbener Nurul Khasanah mengaku sengaja mengajak anak-anak untuk berwisata edukasi untuk melihat proses dan beraneka ragam nanas nusantara di Kebun Desa Pedawang.

“Kegiatan ini untuk mengisi outing kelas mengisi aktifitas akhir semester. Tadi anak-anak ikut menanam, terus melihat neraneka ragam buah nanas,” kata Nurul Khasanah.

BACA JUGA  Kuliah Nyambi Tukang Parkir, Mahasiswa Berprestasi Ini Dapat Beasiswa dari Bupati

Menurutnya, anak-anak mengaku senang dapat bermain dan wisata edukasi di kebun nanas. Anak-anak mendapat informasi pemanfaatan nanas selain memakan langsung buahnya.

Siswi SDIT Al Islamiyah Karangbener Latifah Marja Rahman mengaku senang dapat berwisata edukasi di kebun nanas. Dia mengaku baru pertama kalinya melihat perkebunan nanas.

“Senang sekali, tadi diajak menanam nanas juga makan nanas. Rasanya enak, manis nanasnya,” katanya. (srm)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

443FansSuka
397PengikutMengikuti
37PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img

Berita Terkini

- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini