semangat berwirausaha
Anisah Setyaningrum

Fenomena munculnya semangat berwirausaha di tengah masa pandemi ini muncul di berbagai kalangan, terutama secara online.

***

DALAM beberapa bulan ini kita telah melewati masa pandemi global. Mewabahnya virus corona (COVID-19) ini telah menimbulkan kepanikan yang luar biasa di seluruh dunia. Wabah ini telah merubah hampir seluruh tatanan kehidupan di dunia ini.

Sektor yang paling terdampak adalah sektor perekonomian. Perubahan yang cukup drastis terjadi dengan menurunnya kondisi perekonomian, terutama di Indonesia.

BACA JUGA : Menyambut Malam Lailatul Qadar

Masa pandemi ini memang memiliki berbagai dampak yang merugikan. Namun ketakutan yang berlebihan terhadap virus ini justru akan merugikan. Sebab tanpa disadari, hal ini akan menimbulkan resiko baik secara psikologis, sosial, maupun ekonomi.

Kita juga harus selalu ingat bahwa Allah SWT tidak akan menguji suatu kaum, di luar batas kemampuannya.

Ada berbagai macam hikmah yang bisa kita lihat dan kita rasakan selama masa pandemi ini. Salah satu hikmah adalah, meningkatnya kewaspadaan kita serta rasa syukur atas nikmat dari Allah SWT.

Disamping itu, dengan adanya pandemi ini juga mampu mempererat hubungan persaudaraan. Hal tersebut terlihat dari maraknya sikap gotong royong dalam membantu sesama yang membutuhkan pertolongan, dalam menghadapi dampak pandemi COVID-19.

Untuk dapat melewati pandemi ini, kita memang dituntut untuk berjuang. Baik dimulai dari diri sendiri, maupun secara bersama-sama sesuai dengan porsi masing-masing.

Di tengah kondisi ekonomi global yang sedang mengalami penurunan secara drastis akibat adanya wabah COVID-19 ini, wirausaha menjadi salah satu sektor yang terdampak. Sehingga mereka harus memutar otak agar bisnisnya dapat bertahan di tengah pandemi.

Agar bisa bertahan, masyarakat dituntut untuk berusaha. Salah satunya dilakukan dengan cara berwirausaha. Fenomena munculnya semangat berwirausaha di tengah masa pandemi ini muncul di berbagai kalangan. Terutama secara online.

Di masa sekarang ini, masyarakat sudah cukup mudah dengan penggunaan teknologi. Para pelaku usaha telah banyak memanfaatkan social media maupun market place dalam memasarkan produk-produk usahanya.

Hal Positif

Hal ini merupakan suatu hal yang positif yang terjadi di tengah pandemi dan merupakan salah satu usaha kreatif yang patut diapresiasi.

Melalui langkah kecil yang istiqomah ini insya Allah masyarakat akan dapat melewati masa krisis, sebagaimana janji-Nya bahwa Allah tidak akan merubah kondisi suatu kaum selama kaum tersebut tidak berusaha.

Dengan lebih jeli dalam melihat dan memanfaatkan kesempatan yang ada serta menerapkan pola pikir yang eksploratif dan meniatkan usaha ini sebagai wasilah untuk beribadah, insya Allah masyarakat dapat tetap bertahan.

Karena berwirausaha ataupun berdagang merupakan salah satu pintu rizqi. Man jadda wajada. (*)

Penulis : Anisah Setyaningrum, staf pengajar IAIN Kudus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here