- Advertisement -spot_img
28.9 C
Kudus
Rabu, 23 Juni 2021
BerandaKudusSatu Pasien Covid-19 Asal Kudus Meninggal di Donohudan

Satu Pasien Covid-19 Asal Kudus Meninggal di Donohudan

- Advertisement -spot_img

KUDUS, suaramuria.com – Seorang pasien Covid-19 asal Kudus yang dikirim menjalani isolasi terpusat di Asrama Haji Donohudan meninggal dunia, Kamis (10/6). Pasien berinisial S (63), sempat dilarikan ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Surakarta untuk mendapat perawatan karena memiliki penyakit bawaan atau komorbid.

Plh Kepala Dinas Kesehatan Masud mengatakan, jenasah pasien asal Desa Mlati Lor, Kecamatan, Kota Kabupaten Kudus itu tengah dibawa pulang. “Kepulangan jenazah diurus oleh BPBD Kabupaten Kudus untuk segera disemayankan,” katanya.

Agar kasus serupa tidak terulang, kata Masud, Pemkab Kudus akan mengevaluasi standar operasional prosedur (SOP) pasien OTG yang dikirim menjalan isolasi terpusat di Donohudan.

BACA JUGA : Kudus Terima Ribuan Dosis Obat untuk Penanganan Covid-19

Masud menambahkan, Pemkab Kudus sebelumnya telah mengevaluasi SOP untuk kriteria pasien yang bisa diberangkatkan ke Donohudan. Ia mencontohkan, ibu hamil tidak dikirim menjalani isolasi terpusat di sana.

“Belum ada poin yang mengatur batasan usia pasien Covid-19 yang bisa diisolasi di Donohudan. Kami sebenarnya telah mengevaluasi, kejadian seperti ini tentu jadi rujukan kami untuk kembali mengevaluasi SOP-nya,” katanya.

Ia menambahkan, ada kriteria yang menyebut pasien yang dikirim adalah pasien tanpa gejala maupun bergejala ringan yang bisa mengurusi diri sendiri.

“Jika ada pasien yang bergejala atau yang tak bergejala namun tidak bisa mengurusi diri sendiri, maka akan dibatalkan keberangkatannya. Kedepan kami akan melakukan skrining lebih ketat,” katanya.

Partisipasi Masyarakat

Masud memastikan semua lini berkerja secara maksimal dalam menangai kasus Covid-19 di Kudus ini. Oleh karena itu, pihaknya juga turut meminta partisipasi masyarakat dalam pencegahan penularan Covid-19.

Ia meminta masyarakat selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta tetap patuh pada penerapan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

Data Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kudus menyebutkan, sudah ada sebanyak 429 orang pasien OTG yang dikirim ke Donohudan, hingga Rabu (9/10). Dari jumlah itu, sebanyak sebelas orang dirujuk untuk menjalani perawatan di RSJ Surakarta dan RST Slamet Riyadi Solo.

Dari total sebanyak 9.854 kasus konfirmasi positif Covid-19 sejak awal pandemi, sebanyak 6.854 pasien telah dinyatakan sembuh. Saat ini masih ada sebanyak 1.946 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Sebanyak 784 orang pasien telah meninggal dunia. (srm)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

1,011PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: