24.2 C
Kudus
Minggu, 29 Januari 2023
BerandaKudusSatu Anggota Panwascam Kudus Urung Dilantik Karena Gagal Tes Narkoba

Satu Anggota Panwascam Kudus Urung Dilantik Karena Gagal Tes Narkoba

- Advertisement -spot_img

KUDUS,suaramuria.com – Sebanyak 26 anggota Panwascam Kabupaten Kudus resmi dilantik Bawaslu Kudus, Sabtu (29/10). Jumlah total Panwascam seharusnya 27 orang. Satu orang anggota Panwascam Kudus urung dilantik karena tak lolos tes bebas narkoba.

Ketua Bawaslu Kudus Moh Wahibul Minan mengatakan, sebanyak 27 calon anggota Panwascam yang lolos hingga tes terakhir sebelumnya menjalani tes kesehatan dan bebas narkoba di RSU Kudus, Rabu – Jumat lalu.

“Dari hasil tes itu ada salah satu calon anggota Panwascam perempuan dari Kecamatan Jati yang hasil tes narkobanya positif untuk salah satu zat tertentu,” katanya.

BACA JUGA : 27 Calon Anggota Panwascam Minim Wakil Perempuan, Ini Kata Bawaslu Kudus

Dari keterangan yang diterima Minan, calon anggota Panwascam itu sebelumnya mengaku mengonsumsi obat untuk penyakit batuk pilek yang dideritanya.

“Yang bersangkutan diminta tes ulang Senin mendatang. Jika masih positif sesuai arahan Bawaslu Jateng, ia akan diminta mundur untuk digantikan peserta nomor urut dibawahnya. Jika negatif akan langsung dilantik Senin mendatang,” katanya.

Minan menambahkan, keberadaan Panwascam sangat diperlukan mengingat tahapan Pemilu sudah dimulai. Para anggota Panwascam nantinya akan langsung diterjunkan untuk mengawal verifikasi faktual anggota Parpol baru yang saat ini sedang berlangsung.

“Setiap kecamatan ada tiga orang anggota Panwascam. Setelah pelantikan dan pembekalan hari ini, mereka akan ikut diterjunkan untuk mengawal verfak anggota Parpol baru,” kata Minan

Hadir pada pelantikan itu Bupati Kudus Hartopo, Kajari Kudus Adrian, kepa OPD terkait dan camat di Kabupaten Kudus.

Dalam sambutannya, Bupati Kudus Hartopo meminta seluruh anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan itu melaksanakan tugas dan fungsinya secara profesional.

“Fungsi pengawasan sangat penting agar tercipta Pemilu yang jujur dan adil. Perangkat pengawas Pemilu dituntut bekerja secara adil dan profesional,” katanya. (srm)

BACA JUGA  Delapan Pemandu Karaoke Terjaring Razia
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

443FansSuka
397PengikutMengikuti
37PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img

Berita Suara Muria Terkini

- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini