suara muria haji jepara
Pelaksana Tugas (Plt) Kakankemenag Kabupaten Jepara Muh Habib dan istri foto bersama mantan Kakankemenag Kabupaten Jepara Nor Rosyid dan istri foto, beserta sejumlah pejabat pada Pisah Sambut di Aula Kantor. (foto : suaramuria.com)

JEPARA, suaramuria.com – Daftar tunggu  haji di Kabupaten Jepara, hingga awal 2020 ini  mencapai 31 ribu lebih. Lama antrian 26 tahun.

“Pendaftar sampai 31 Desember 2019 tercatat 30.831 orang. Jumlah itu terus bertambah. Selama Januari,  sampai hari ini (Senin kemarin-red) sudah ada lebih dari 250 pendaftar,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kakankemenag Kabupaten Jepara Muh Habib didampingi Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Hastuti Harijati di Kantornya.

BACA JUGA : SKB Jepara Dorong Pengembangan Kampung Literasi Dukuh Cabe

Muh Habib yang juga Kepala Kantor Kemenag Kota semarang itu menjelaskan,  daftar tunggu  semakin panjang dan waktu tunggu semakin lama, karena jumlah pendaftar tiap tahun  jauh lebih besar dibanding kuota/jumlah jemaah yang diberangkatkan ke Tanah Suci.

Pada sekira  2010 antrian 3-4 tahun, setelah itu semakin lama. Dan sekarang 26 tahun.  Warga yang mendaftar 2020 ini, dijadwalkan berangkat 2046 mendatang.

Kasi PHU  Hastuti Harijati menambahkan, jumlah porsi jemaah yang akan diberangkat musim haji 1441 H/2020 masih menunggu pengumuman Kanwil Kemenag Jateng. Namun, pendaftar yang nomor porsinya masuk daftar tahun ini, diperkirakan 1.341 orang. Jumlah itu lebih banyak 200 pendaftar dibanding 2019 lalu .

Dikatakan, sebelum berangkat, para calon haji akan mendapatkan bimbingan manasik haji yang diselenggarakan Kantor Kemenag selama 8 hari. Dua hari tingkat kabupaten, dan enam hari digelar pada tiap kecamatan oleh Kantor Urusan Agama (KUA).

Namun, sejak akhir 2019 lalu, pendaftar yang sudah masuk daftar berangkat, sudah mulai melaksanakan bimbingan manasik haji sepanjang tahun, yang diselenggarakan secara mandiri.Penyelenggaraaanya  Koordinator Kecamatan, dan ada yang melalui Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH).

Muh Habib Rangkap Plt Kakankemenag Jepara

Seperti pernah diberitakan, Kakankemenag Kota Semarang Muh Habib merangkap sebagai Plt Kakankemenag Kabupaten Jepara, terhitung sejak 1 Januari2020 lalu.  Dia menggantikan tugas Nor Rosyid, yang menjabat Kakankemenag Jepara awal 2017 hingga 31 Desember 2019—dan pensiun sehari kemudian.

Pisah Sambut Kakankemenag Jepara diadakan di Aula Kantor Kemenag baru baru ini. Kegiatan dihadiri sepuruh pejabat kemenag, pengawas, kepala madrasah, dan perwakilan organisasi pendidikan. (SRM)

 

Tinggalkan Balasan