- Advertisement -
Beranda Terbaru RSUD Lolos Verifikasi Green Hospital

RSUD Lolos Verifikasi Green Hospital

- Advertisement -

REMBANG, suaramuria.com – RSUD dokter R Soetrasno Rembang kemarin mendapatkan penilaian dari tim Penilai Lomba Implementasi Green Hospital Kementerian Lingkungan Hidup. Tim yang diterima oleh Bupati Rembang H Abdul Hafidz dan jajaran RSUD dokter R. Soetrasno Rembang Rabu pagi.

Salah satu tim penilai dari Kementrian Lingkungan Hidup, Catur Wahyu Prasetyo menerangkan sebelum diadakan penilaian lapangan, pihak rumah sakit terlebih dahulu mengisi formulir. ”Formulir tersebut berisi  penjelasan tentang masalah lingkungan, efisiensi energi dan kebijakan yang mendukung green hospital,” kata dia.

Dia mengaku ada total 43 rumah sakit yang mengikuti lomba itu. RSUD dokter R Soetrasno masuk dalam kategori lomba rumah sakit pemerintah/  TNI/Polri. ”Yang lolos ke tahap verifikasi lapangan saat ini ada 11 rumah sakit,” jelas dia.

Dia mengatakan salah satu penilaian dalam verifikasi kemarin yaitu kebijakan pimpinan terkait penghematan energi di rumah sakit. Dia menyebut tim melihat pemakaian lampu penerangan yang menggunakan energi surya, termasuk indikator penghematan energinya.

“Di rumah sakit apakah sudah menggunakan teknologi hemat energi seperti lampu LED. Atau sudah menggunakan AC jenis inverter.  Kemudian untuk komponen efisiensi energi kita juga melihat apakah ada yang memiliki sertifikasi tentang kompetensi terkait pengelolaan energi, ” terang dia.

Direktur RSUD dokter R Soetrasno, dokter Agus Setyo Hadi M Kes menjelaskan pihaknya telah melaksanakan seluruh ketentuan pengelolaan lingkungan rumah sakit. Seperti pengolahan limbah, udara dan sampah.

“Selain itu lanscape rumah sakit juga kami kelola. Seperti pengelolaan air, pohon peneduh, biopori , “kata dia.

Setelah tahapan penilaian verifikasi lapangan selesai, rencananya Senin depan akan diumumkan juaranya.

Sebelumnya dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, RSUD dokter R Soetrasno Rembang sudah mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atas sistem pengolahan sampah atau limbah yang baik. ()

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

1,011PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: