rs mitra pati suara muria
Peresmian klinik vaksin RS Mitra Bangsa

PATI, suaramuria.com – Para calon jamaah umroh dan haji kini semakin dimudahkan saat hendak mendapatkan layanan vaksin meningitis. Karena saat ini rumah sakit (RS) Mitra Bangsa telah membuka klinik vaksin yang diantaranya menangani vaksin meningitis.

Salah satu rumah sakit terbesar yang ada di Kota Pati itu sejak November 2018 memang telah mendapatkan ijin operasional dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Semarang untuk bisa menjadi tempat pelayanan vaksinasi internasional dan menerbitkan sertifikat vaksinasi internasional.

“Dalam peraturan menteri kesehatan memang menyebutkan jika dulu hanya bisa diselenggarakan oleh KKP setempat, mulai tahun 2018 telah diperbolehkan di rumah sakit dan klinik yang memenuhi persyaratan ,” terang Direktur RS Mitra Bangsa dr Sugeng Ristanto.

BACA JUGA : Siswa SMK di Pati Pamerkan Karya Lewat Karnaval

Klinik vaksin dari RS Mitra Bangsa pun resmi dilaunching pada Kamis (19/12/2019). Perwakilan dari KKP, Dinas Kesehatan Kabupaten Pati, Kemenag, hingga sejumlah biro perjalanan umroh dan haji serta masyarakat sekitar turut dalam launching tersebut.

“Untuk di Pati dan sekitarnya RS Mitra Bangsa menjadi yang pertamadan satu-satunya rumah sakit yang menyelenggarakan selain KKP yang ada di Juwana,” terangnya.

Dengan begitu masyarakat di pantura timur seperti Rembang, Pati, Rembang, Jepara maupun Blora tidak perlu jauh-jauh lagi untuk mendapatkan vaksin meningitis tersebut. Terutama bagi calon jamaah umroh maupun haji yang menjadi salah satu isyarat dari Negara Arab Saudi.

“Dan tentunya tidak perlu khawatir akan status halalnya. Kebetulan vaksin yang kami gunakan merupakan produksi dalam negeri yang sudah mendapatkan sertifikat halal dari MUI,” katanya.

Dikatakannya, letak RS Mitra Bangsa yang juga dekat dengan kantor imigrasi tentu menjadi salah satu keuntungan bagi yang ingin mendapatkan vaksin meningitis di rumah sakit tersebut.

“Saat ini yang paling dibutuhkan memang vaksin meningitis karena sesuai peraturan perjalanan internasional ada isyarat dari negara tujuan. Seperti vaksin meningitis dari Negara Arab Saudi bagi yang ingin haji dan umroh. Meski begitu kami juga ada opsional vaksinasi flu. Karena dalam perjalanan dengan banyak orang memang mudah untuk terserang flu,” terangnya.

Tak hanya calon jamaah umroh dan haji saja, pihaknya pun siap melayani bilamana ada calon tenaga kerja Indonesia (TKI) yang membutuhkan vaksinasi lantaran persyaratan Negara tujuan.

“Namun untuk yang vaksin langka kami harapkan bisa memberi tahu terlebih dahulu sehingga bisa disiapkan,”imbuhnya.

Sementara Owner RS Mitra Bangsa Asih Marlina menambahkan rumah sakitnya memiliki keunggulan lain dalam layanan vaksin meningitis. Bila biasanya KKP dilakukan pada jam kerja maka di RS Mitra Bangsa bisa dilakukan saat siang, sore maupun malam hari.

“Sehingga lebih fleksibel. Dengan begitu diharapkan bagi masyarakat yang pagi harinya masih kerja bisa mendapatkannya saat sore atau bahkan malam hari. Kami juga akan bekerja sama dengan biro umroh dan haji dalam layanan tersebut,”imbuhnya.

Dia pun mengapresiasi langkah direktur yang mampu membuat terobosan yang baik. Dia memang berharap kedepan RS Mitra Bangsa bisa mengcover pelayanan kesehatan apapun yang dibutuhkan oleh masyarakat Pati.

Apresiasi pun turut diberikan oleh dr Purwaningsih dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Semarang. Dia mengatakan dengan adanya klinik vaksin di RS Mitra Bangsa masyarakat yang membutuhkan pelayanan vaksin akan terbantu.

“Terutama untuk vaksin internasional ada alternatif tempat pelayanan yang lebih flexibel jam pelayanannya,”imbuhnya. (SRM)

Tinggalkan Balasan