34.9 C
Kudus
Minggu, 24 September 2023
BerandaRembangRawan Banjir, Maguan Ditetapkan Sebagai Desa Tangguh Bencana

Rawan Banjir, Maguan Ditetapkan Sebagai Desa Tangguh Bencana

- Advertisement -spot_img

Sering dilanda bencana banjir, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang menetapkan Desa Maguan Kecamatan Kaliori ditetapkan sebagai Desa Tangguh Bencana (Destana).

Jajaran Pemerintah Desa, warga setempat termasuk relawan telah mengikuti pembekalan tentang penanganan kebencanaan dari BPBD selama tiga hari.

Kepala Bidang pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Rembang, E. Risangsoko kepada awak media mengatakan pembentukan Destana Maguan karena banjir baru saja terjadi desa tersebut. Berada di aliran sungai Randugunting, Maguan memang setiap tahunnya rawan terjadi banjir.

Pada bulan Maret lalu, banjir membuat salah satu tebing jalan di Maguan longsor. Dan pada bulan Oktober ini, akibat intensitas hujan yang tinggi dan adanya sampah dan dapuran bambu di sungai, menyebabkan air sungai meluap dan puluhan rumah terendam.

“ Daerah rawan bencan ini memang jadi prioritas pembentukan Destana. Tahun ini Maguan sudah dua kali terkena banjir, ” ujarnya.

Ia berharap dengan penetapan Maguan sebagai Desa Tangguh Bencana, dapat membuat warga menjaga kebersihan sungai dan dapat melakukan langkah cepat ketika terjadi bencana. Mulai reaksi cepat, evakuasi, penanganan korban sampai dengan pendirian dapur umum.

Setelah Maguan ada empat desa lagi yang akan menyusul Maguan sebagai desa tangguh bencana. Antara lain Desa Meteseh dan Wiroto Kecamatan Kaliori serta Desa Kedungtulup dan Sekarsari.

Kepala Desa Maguan, Joko Saiful Ampri  berharap dengan status Destana dan pembekalan penanganan bencana, pihaknya bersama warga jauh lebih sigap.

“Kita sudah tau kalau ada bencana titik kumpulnya di mana, pembagian kerjanya sudah jelas, ” ungkapnya. (Mif/Rud/Kominfo)

BACA JUGA  PKB Rembang Kawal Vaksinasi kepada Warga Nahdiyin
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

443FansSuka
397PengikutMengikuti
37PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img

Berita Suara Muria Terkini

- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini