pengunjung ramayana kudus
Petugas Dinkes Kudus mengambil sampel darah pengunjung dan karyawan mall untuk rapid test Covid-19. (foto : suaramuria.com)

KUDUS, suaramuria.com – Pengunjung tiga mall di Kudus dikejutkan dengan kehadiran petugas Dinas Kesehatan (Dinkes) yang menggelar rapid test acak, Jumat (22/5) siang. Hasilnya, satu orang pengunjung Ramayana Mall Kudus reaktif Covid-19 berdasarkan hasil rapid test tersebut.

Meski begitu, aktivitas mall tetap ramai, hingga Jumat sore. Belum ada tindakan resmi Pemkab Kudus terkait temuan pengunjung reaktif Covid-19 di pusat perbelanjaan tersebut. Padahal sepekan terakhir mall-mall di Kudus penuh sesak dengan pengunjung.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kudus dokter Andini Aridewi mengatakan, sebanyak 147 sampel diambil dari karyawan dan pengunjung di mall Ramayana Kudus, Hypermart, dan ADA Swalayan Kudus.

“Hasilnya ada satu pengunjung Mall Ramayana Kudus yang reaktif Covid-19 berdasarkan hasil rapid test ini,” kata Andini.

BACA JUGA : Memilukan, Ibu Melahirkan Divonis Positif Covid-19

Berbeda dari rapid test massal sebelumnya yang menggunakan model stick, rapid test di mall ini menggunakan sampel serum. Andini menyebutkan, hasil rapid test menggunakan sampel darah ini akan lebih akurat.

Atas hasil itu, pengunjung yang reaktif Covid-19 berdasarkan hasil rapid test itu akan diminta karantina mandiri. Andini mengatakan, pemantauan warga tersebut akan dilakukan oleh tim Puskesmas wilayah dan satgas desa.

“Apakah nanti diperlukan swab atau tidak nanti dilihat hasil analisa hematologi kan kalau diambil serum bisa membandingkan hasil analisa hematologi. Biasanya ada tanda yang mengarah Covid ada yang tidak normal,” katanya.

Sebelumnya, Dinkes Kudus melalukan rapid test massal di Pasar Kliwon dan Masjid Menara Kudus. Dari tes massal itu, sebanyak enam orang diketahui reaktif Covid-19 di Pasar Kliwon Kudus.

Sementara di Masjid Menara Kudus, ada pengunjung dari Kabupaten Demak yang reaktif Covid-19. “Mereka masih karantina mandiri, belum dilakukan swab,” katanya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus rencananya akan melanjutkan rapid test massal di sejumlah pusat keramaian. Dinas Kesehatan rencananya akan melakukan tes kepada pengunjung dan pedagang di Pasar Bitingan, Pasar Bareng, dan Pasar Dawe, Sabtu (23/5). (SRM)

Tinggalkan Balasan