- Advertisement -spot_img
28.9 C
Kudus
Sabtu, 31 Juli 2021
BerandaJeparaPuluhan Ribu Siswa Madrasah Ta’aruf Daring

Puluhan Ribu Siswa Madrasah Ta’aruf Daring

- Advertisement -spot_img

JEPARA, suaramuria.com – Puluhan ribu siswa baru madrasah di Kabupaten Jepara mengikuti kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) tahun pelajaran 2021/2022 secara daring.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Jepara Muh Habib mengatakan, pandemi Covid-19 belum berakhir pada tahun ajaran baru. Karena itu, seluruh kegiatan Matsama dilaksanakan secara daring.

“Terlebih lagi pada awal tahun pelajaran yang dimulai 12 Juli 2021 ini, masih ada PPKM Darurat,’’ kata Habib.

BACA JUGA : Yayasan Baitul Maal PLN Bantu Aliri Listrik Madrasah di Jepara

Ia mengatakan, pelaksanaan Matsama selama tiga hari pada tahun pelajaran baru. Sebagian besar melaksanakan kegiatan Senin-Rabu (12-14/7).  Kegiatan diikuti peserta didik baru dari jenjang, Raudlatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).

Tujuan Matsama antara lain untuk mengenalkan lingkungan, nilai dan karakter khusus madrasah kepada para peserta didik baru, agar selama proses pembelajaran dapat tercipta rasa aman dan nyaman bagi mereka untuk mengembangkan seluruh potensi diri dan kemampuannya.

Kegiatan ini juga untuk menumbuhkan kultur dan jiwa bangga kepada para peserta didik baru untuk belajar bersamadan mencintai serta menjaga nama baik almaternya. Menanamkan dan memperkuat nilai-nilai moderasi beragamadan karakter ke-Indonesia-an kepada para peserta didik baru.

Materi yang dikenalkan antara lain meliputi kemadrasahan (pengenalan lingkungan Madrasah), Kegiatan rutin (belajar mengajar), Fasilitas dan infrastruktur pendukung pembelajaran.

Karakter

Siswa juga dikenalkan tata tertib, nilai dan norma yang berlaku, serta Kegiatan dan organisasi kesiswaan. Pada masa ta’aruf secara daring ini, siswa madrasah juga belajar tentang Karakter moderasi beragama dan kebangsaan.

Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Jepara Ahmad Najib menambahkan, ada beeberapa aspek kekhususandan keunikan di madrasah antara lain program robotik, riset di madrasah, serta program keterampilan di madrasah.

“Siswa juga dikenalkan program lainnya sesuai kondisi madrasah masing-masing,” katanya.

Data madrasah di Jepara pada tahun pelajaran 2020/2021,  RA 171 unit, MI 197, MTs 116, MA 68.  Jumlah peserta didik Tahun Pelajaran  2020/2021 RA 10.260, MI 36.724, MTs 27.707, MA 14.366. Data tahun pelajaran baru, masih menunggu proses. (srm)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

1,011PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: