- Advertisement -spot_img
24.2 C
Kudus
Senin, 27 Juni 2022
BerandaPatiPuluhan Personel Satpolair Libatkan Diri di Tradisi Sedekah Laut

Puluhan Personel Satpolair Libatkan Diri di Tradisi Sedekah Laut

- Advertisement -spot_img

PATI, suaramuria.com – Puluhan personel Satpolair Polres Pati turut memeriahkan sedekah laut di Kecamatan Juwana digelar pada Minggu (15/5) kemarin. Uniknya anggota berseragam biru itu tak saja melakukan pengamanan laut seperti biasanya.

Mereka tampak membaur dengan masyarakat saat tradisi yang telah digelar turun temurun itu. Bahkan saat prosesi larungan sesajen.

Dengan mengenakan perahu karet, puluhan personel Satpolair Polres Pati itu tampak mengawal kapal pembawa sesajen. Begitu pula saat menurunkan sesajen ke tengah lautan, merekapun tampak kompak bersama-sama masyarakat.

BACA JUGA : Sedekah Laut di Pati Digelar Tanpa Keramaian

Bagi warga Kecamatan Juwana sendiri, tradisi sedekah laut menjadi bagian dalam perjalanan kehidupan mereka.

Tradisi itu wujud dari rasa syukur akan hasil laut yang mereka dapatkan. Lebih dari itu, kegiatan tersebut juga diisi doa bersama dengan harapan keselamatan bagi warga khususnya para nelayan yang melaut.

Meski belum semeriah tahun-tahun sebelumnya lantaran masih dalam situasi pandemi Covid-19, namun gelaran di tahun ini tetap hidmat. Bupati Pati Haryanto turut hadir menyaksikan tradisi tersebut.

“Walaupun tahun ini juga masih terbatas karena belum terbebas dari pandemi namun perlu disyukuri di tahun ini bisa menggelar kembali acara sedekah laut secara meriah. Apalagi tradisi semacam ini mengandung semangat untuk senantiasa memohon kepada Tuhan agar semua mendapat keselamatan, keberkahan, dan keuntungan lebih,”terang Bupati Haryanto.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat juga panitia Sedekah Laut Desa Bendar Djamari menyebut tradisi sedekah laut memang menjadi bentuk rasa syukur karena nelayan telah diberikan berkah yang melimpah.

“Kami juga berdoa nantinya akan ditambah rezeki kepada para nelayan. Terlebih kondisi sekarang ini hasil tangkapan nelayan memang kurang begitu maksimal. Hanya sekitar 30 persen yang berhasil,”tambahnya.

Lebih Meriah

Sementara itu, Kepala Desa Bendar, Kecamatan Juwana Sutopo mengaku bersyukur lantaran setelah laut dua tahun tak bisa menggelar sedekah laut, namun di tahun bisa digelar sedikit lebih meriah.

Meskipun masih ada sejumlah pembatasan. Diapun mengucapkan terimakasihnya atas puluhan personil Satpolair yang membantu mensukseskan kegiatan tersebut.

“Sedekah Laut ini digelar dengan cumup meriah ada hiburan karnaval, beda dengan dua tahun sebelumnya ini yang hanya dilakukan secara sederhana melarung sesaji,”ujarnya.(srm)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

443FansSuka
397PengikutMengikuti
37PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img

Berita Suara Muria Terkini

- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini