PATI, Suaramuria.com – Prokes di transportasi publik menjadi fokus dalam operasi keselamatan lalu lintas candi tahun ini. Hal itu menjadi bentuk antisipasi penyebaran Covid-19.

Operasi gelar pasukan itu dilakukan pada Senin (12/4) di halaman Mapolres Pati kemarin. Selain petugas kepolisian juga ada anggota TNI, Dinas Perhubungan, serta Jasa Raharja.

Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafaat mengatakan, operasi keselamatan candi tahun ini mengambil tema “Wujudkan Kamseltibcarlantas yang mantap dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 dengan meningkatkan disiplin protokol kesehatan serta tidak melaksanakan mudik lebaran tahun 2021”. Diantaranya dengan menguatkan prokes di transportasi publik.

“Operasi ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat terkait larangan mudik pada lebaran tahun ini, juga untuk meningkatkan kepatuhan disiplin masyarakat terhadap protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 serta tertib berlalu lintas dan menurunkan angka kecelakaan lalu lintas,”tegasnya.

BACA JUGA : Dishub Pati Siapkan Posko Pemantau Sambut Pemudik

Operasi itu dikatakannya akan berlangsung selama bulan Ramadhan pada 12 April hingga 25 April mendatang. Selain menyasar kepada masyarakat umum, nantinya juga akan menargetkan masyarakat yang menggunakan transportasi publik.

“Guna meningkatkan kepatuhan protokol kesehatan, nantinya kepolisian akan memadukan operasi keselamatan dalam berlalu lintas dengan kampanye kepatuhan protokol kesehatan. Kampanye ini akan berbentuk aksi membagikan masker dan hal-hal yang berkaitan dengan protokol kesehatan covid-19. Jadi hanya berupa kampanye edukasi serta sosialisasi dan tidak ada penindakan sama sekali dari pihak kepolisian,”terangnya.(srm)

Tinggalkan Balasan