polres pati suara muria
Kapolres Pati AKBP Bambang Yudhantara Salamun saat memberikan arahan kepada calon kepala desa yang ada di Kecamatan Juwana. (foto : suaramuria.com)

PATI, suaramuria.com – Setelah resmi bertugas, Kapolres Pati AKBP Bambang Yudhantara Salamun bergerak cepat khususnya dalam mempersiapkan pengamanan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak.

Kapolres yang baru menjabat sepekan itupun kini mendatangi tiap kecamatan untuk memberikan pembinaan terhadap calon kepala desa (Cakades).

BACA JUGA : Terungkap! Ada Oknum Perangkat Desa Tak Netral di Pilkades

Acara yang dikemas dalam Jagong Bareng Kapolres itu seperti yang dilakukan di Kecamatan Juwana Rabu (11/12/2019) sore. Kecamatan Juwana memang menjadi salah satu fokus perhatian lantaran memiliki desa terbanyak yang menggelar pilkades serentak. Tercatat ada 21 desa.

“Selain membawa pesan kamtibmas, kami juga belanja masalah dan harapan masyarakat terkait kinerja Polri. Khususnya dalam menyikapi pengamanan pilkades yang bakal digelar 21 Desember mendatang,”tegasnya.

Pihaknya sengaja mengumpulkan calon kades berikut tim suksesnya untuk diajak bersama-sama menjaga kondusifitas di daerah khususnya kecamatan Juwana. Dia berharap dalam pilkades tetap menjaga persaudaraan sehingga tidak ada hal yang merugikan.

“Saya sampaikan seduluran selawase. Maka dari itu jangan sampai terjadi hal yang merugikan,” katanya.

Terkait kondisi Juwana yang memiliki desa penyelenggara pilkades terbanyak dikatakannya tetap akan berdampak pada penguatan persiapan pengamanan. Bahkan jumlah personil kepolisian pun dipastikan akan lebih banyak bila dibandingkan daerah lain.

“Setidaknya di tiap desa ada empat anggota. Bila dihitung tentu sudah ada 84 anggota. Belum lagi dibantu pengamanan tim patrol maupun kami menyiapkan tim yang di siagakan di tiap distrik. Sehingga saat terjadi hal tertentu bisa segera memberikan bantuan pengamanan,” tegasnya.

Pihaknya pun mengaku akan terus berkoordinasi dengan Kodim maupun koramil yang ada di tingkat kecamatan. Terutama untuk membantu proses pengamanan yang ada di tingkat desa dalam proses pilkades ini.

Dalam dialog dengan warga itupun Kapolres sempat menekankan bahwa anggotanya dipastikan akan netral. Pihaknya juga mengimbau agar masyarakat diharapkan dapat menghindari politik uang saat pelaksanaan pesta demokrasi tersebut. (SRM)

Tinggalkan Balasan