- Advertisement -spot_img
28.9 C
Kudus
Rabu, 23 Juni 2021
BerandaKudusPolres Kudus Terjunkan Tim Pemakaman Jenazah Covid-19

Polres Kudus Terjunkan Tim Pemakaman Jenazah Covid-19

- Advertisement -spot_img

KUDUS,suaramuria.com – Polres Kudus menerjunkan sebanyak 15 personel untuk membantu proses pemulasaraan dan pemakaman jenazah pasien Covid-19. Tim tersebut langsung diterjunkan membantu pemakaman pasien Covid-19 di Desa Medini, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Kamis (3/6).

Penerjunan tim Itu untuk membantu relawan yang mulai kewalahan seiring banyaknya jumlah pasien yang meninggal dunia. Selain membantu kerja tim gugus tugas penanganan Covid-19, penerjunan tim itu sekaligus bentuk solidaritas dan kemanusiaan dari anggota Kepolisian.

Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma mengatakan, bantuan tenaga pemakaman itu diterjunkan setelah berkoordinasi dengan tim Satgas penanganan Covid-19.

BACA JUGA : Kepala BNPB Sebut Kudus Butuh Penegakan Prokes hingga Pembenahan SOP Rumah Sakit

Seiring melonjaknya kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus. Sehingga perlu antisipasi terhadap segala kemungkinan yang terjadi.

“Ada sebanyak 15 personel yang diperbantukan. Mereka kemudian dibagi menjadi dua tim,” katanya, Kamis (3/6).

Sebelum membantu pemulasaraan dan pemakaman, para personel tersebut sudah mendapatkan pelatihan dari BPBD Kudus dan Tim pemulasaran jenazah dari RSUD dr. Loekmonohadi Kudus.

Menurutnya, tim ini sebenarnya sudah terbentuk sejak lama. Namun sejauh ini belum ada permintaan untuk diperbantukan.

Mengingat belakangan angka kematian akibat Covid-19 cukup tinggi, Polres Kudus pun menerjunkan tim tersebut.

“Tim pemakaman jenazah Covid-19 ini sebelumnya mendapatkan pelatihan baik pemulasaraan dan juga pemakaman. Mereka akan selalu stand by. Untuk membantu proses pemulasaraan hingga pemakaman,” tuturnya.

Kapolres menambahkan 15 tim itu dari unit satuan Sabhara, lengkap dengan peralatan APD.

“Semula dari kami APD memang terbatas tapi berhubung penggunaannya saat ini tak bisa tergantikan, maka kami koordinasi dengan BPBD Kudus. Jadi aman,” katannya.

Tim Desa

Sebelumnya, anggota tim pemulasaran dan pemakaman jenazah Covid-19 RSU dr Loekmonohadi Kudus Saiful Anas mengaku tim relawan mulai kewalahan. Apalagi sebagian juga terpapar Covid-19.

“Kami memang meminta dukungan semua pihak yang pernah mendapat pelatihan dari kami, terutama tim pemulasaran dan pemakaman yang ada di desa,” katanya.

Ia mencontohkan, ada sebanyak 18 kegiatan pemakaman oleh dua tim relawan, hari ini. Tim rencananya bergerak sejak pagi hingga pukul 22.00 WIB. Jika tidak ada bantuan dari pihak lain, tim relawan bakal semakin kewalahan. (srm)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

1,011PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: