polres kudus bagikan first aid kit
Kapolres kudus membagikan first aid kit untuk personel. (foto : suaramuria.com)

KUDUS, suaramuria.com – Polres Kudus membagikan ribuan First Aid Kit Covid-19 dan alat pelindung diri (APD) untuk personilnya. Polres bekali personel hingga di jajaran Polsek untuk mencegah penularan Covid-19 yang saat ini mewabah.

Kapolres Kudus AKBP Catur Gatot Efendi mengatakan, total ada sebanyak 1.200  First Aid Kit Covid-19 yang dibagikan untuk personil Polres dan Polsek jajaran.

“Dalam paket ini juga ada APD lengkap untuk Polsek dan Tim pemulasaran jenazah pasien positif atau suspect Covid-19. Selain itu personil Kodim 0722/Kudus khususnya Bhabinsa juga kami berikan,” kata Catur, Senin (20/4).

First Aid Kit Covid-19 yang dibagikan berisi masker, sarung tangan, jas hujan, sabun cuci tangan, handsanitizer, dan buku saku tentang penanganan Covid-19. Sementara itu, alat pelindung diri lengkap berisi baju hazmat, kacamata google, face shield, sarung tangan, dan masker.

BACA JUGA : PMI kudus Kesulitan Cari Pendonor Darah

Kapolres mengatakan, alat pelindung diri ini hanya digunakan pada situasi yang memang mengharuskan personel mengenakannya. Ia mencontohkan, ketika personil Polri ikut mengevakuasi atau memakamkan jenazah yang diduga terjangkit Covid-19.

Disebutkan, Polisi merupakan salah satu profesi yang juga dinilai berisiko terjangkit karena mereka dituntut hadir untuk membantu pengamanan di lapangan. Alat pelindung diri ini diharapkan bisa meminimalisir potensi penularan Covid-19 bagi personel polisi yang bertugas di lapangan.

“Saya berharap dengan alat pelindung diri ini, anggota Polri yang bertugas membantu penanganan Covid-19 ini bisa lebih aman. Tapi tentu tetap saya ingatkan untuk tetap selalu waspada,” ujar Kapolres.

Pemulasaran Jenazah

Selain mendapat bekal first Aid Kid Covid-19, sejumlah personel juga sudah dilatih cara pemulasaran jenazah. Dengan bekal itu, personel Kepolisian diharapkan ikut membantu kerja tim medis.

Beberapa waktu lalu, Polres Kudus juga menyalurkan APD untuk dua rumah sakit di Kabupaten Kudus. Polres menyalurkan donasi APD untuk RSU dr Loekmonohadi Kudus dan RS Mardi Rahayu Kudus.

Catur mengatakan, Polres Kudus mendukung penuh upaya-upaya yang dilakukan pemerintah untuk mencegah dan menangani Covid-19. Semua pihak berharap pandemi virus mematikan ini segera berakhir. (SRM)

Tinggalkan Balasan