PATI, suaramuria.com – Polres analisis kesiapan protokol kesehatan dalam pemilihan kepala desa. Pemetaan itu dilakukan Polres Pati dengan menggelar rapat operasional kesiapan Pilkades serentak yang digelar Rabu (10/3) kemarin.

Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafaat mengatakan, gelar rapat operasional itu dilakukan untuk melihat kesiapan pasca penetapan calon dalam tahapan pilkades serentak yang akan digelar pada awal April mendatang.

“Selain pengamanan, kami telah meminta jajaran anggota di tiap polsek untuk mengecek bagaimana situasi dan kondisi tempat pemungutan suara (TPS). Baik letaknya, penerapan prokesnya, maupun kesiapan bilik suara khusus bagi orang yang masih dalam pengawasan,”ujarnya.

Selain Polres analisis kesiapan prokes, pihaknya kini juga terus melakukan pemetaan terkait daerah rawan dan aman. Sehingga nantinya akan berkaitan dengan penempatan personil di tempat pemungutan suara (TPS) maupun back up di eks kawedanan.

“Kami akan tindak lanjuti lagi dengan memanggil jajaran polsek per eks kawedanan yang ada. Untuk kembali memastikan berapa desa yang dikategorikan aman, maupun rawan. Untuk aman sendiri bisa dikategorikan desa dengan calon kandidat masih bersaudara. Seperti ayah dan anak atau suami dengan istri,”imbuhnya.

BACA JUGA : Jelang Tiga Pekan Coblosan, Puluhan Desa Belum Cairkan Anggaran Pilkades

Meski begitu, pihaknya mengaku tidak ingin menganggap remeh untuk desa yang masuk kategori aman. Pihaknya akan tetap cermat melihat perkembangan dan situasi yang ada.

“Memastikan pemetaan daerah aman, maupun rawan itu nantinya juga akan berkaitan dengan berapa jumlah personil yang di perbantukan dari Polres tetangga,”imbuhnya.

Pihaknya pun mengakui jika tahapan pilkades serentak kali ini memiliki tantangan tersendiri. Yakni mensukseskan pilkades disertai dengan menjaga protokol kesehatan yang ketat.

“Ini akan menjadi tantangan berat seluruh jajaran Polres Pati yang nantinya akan didukung dari Kodim juga,”terangnya seusai memimpin rapat gelar operasional Polres analisis kesiapan Pilkades di ruang PPKO Polres Pati.(srm)

Tinggalkan Balasan