uang saku santri
Ketua DPC PKB Kabupaten Kudus Ilwani menyerahkan bantuan uang saku untuk para santri yang hendak kembali ke pesantren API Tegalrejo Magelang di kantor DPC PKB Kabupaten Kudus. (foto : suaramuria.com)

KUDUS, suaramuria.com – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Kudus menyerahkan uang saku bagi para santri yang akan bertolak ke ponpesnya masing-masing.

Uang saku itu diserahkan langsung oleh Ketua DPC PKB Kabupaten Kudus Ilwani beserta jajaran pengurus lainnya. Bantuan itu diterima secara simbolis oleh perwakilan Ikatan Santri Muria (ISM) Gus Mawahib dan Gus Rozih.

“Uang saku ini untuk para santri Ponpes API Tegalrejo Magelang yang rencananya akan berangkat ke Ponpes, Sabtu (27/6),” kata Ilwani usai penyerahan bantuan di kantor DPC PKB Kabupaten Kudus, Kamis (26/6).

BACA JUGA : PKB Fasilitasi Santri Kembali ke Ponpes

Ilwani mengatakan, semula PKB siap memfasilitasi keberangkatan para santri asal Kudus ke ponpes di luar daerah. Termasuk memberikan uang saku kepada para santri. Namun karena Pemkab Kudus telah memfasilitasi armada bus, PKB akhirnya memberikan bantuan dalam bentuk uang saku untuk para santri.

“Jumlahnya mungkin tidak banyak, namun semoga bermanfaat bagi para santri untuk bekal menuntut ilmu di pesantren. Kami titip pesan agar para santri terus mematuhi protokol kesehatan dan selalu update informasi perkembangan Covid-19 agar terhindar dari penyakit ini,” katanya.

Sebelumnya, Plt Bupati Kudus Hartopo mengatakan telah mengalokasikan anggaran dari dana tak terduga (TT) Covid-19 untuk memberangkatkan para santri. Untuk fasilitasi yang yang akan diberikan kepada santri berupa moda transportasi bus, snack, dan uang saku.

“Pemberangkatan para santri dilakukan secara bertahap sesuai jadwal masing-masing,” katanya.

303 Santri

Total ada sebanyak 303 santri asal Kudus yang akan kembali ke pesantren. Mereka mondol di pesantren di luar Kudus seperti Ponpes API Tegalrejo Magelang, Ponpes di Sarang, Kabupaten Rembang, hingga sejumlah pesantren di Pati, Kendal, Kediri, dan Yogyakarta.

Para santri akan diberangkatkan secara bertahap. Untuk tahap pertama sebanyak 30 santri Ponpes API Tegalrejo Magelang. Mereka rencananya berangkat Sabtu (27/6).

Sebanyak 55 santri Ponpes Sarang Rembang akan berangkat, Senin (29/6), dan santri Ponpes di Kediri akan berangkat Minggu (28/6 dan 5/7). Untuk santri ponpes lain masih menunggu informasi dari ponpesnya masing-masing. (SRM)

Tinggalkan Balasan