pemkab pati santuni veteran
Bupati Pati Haryanto menyerahkan santunan kepada para veteran. (foto : suaramuria.com)

PATI, suaramuria.com – Sebanyak 155 orang veteran dan janda veteran mendapat santunan tali asih dari Pemkab Pati. Santunan itu menjadi bentuk perhatian khusus kepada kalangan veteran.

Tahun ini Pemkab Patimembagikan santunan bagi kalangan tersebut senilai Rp 155 juta. Bupati Pati Haryanto mengatakan, Pemkab Pati berempati kepada veteran yang telah berjasa bagi bangsa ini.

“Perhatian ini salah satunya kami wujudkan dalam bentuk tali asih senilai Rp 1 juta kepada setiap veteran atau janda veteran,” katanya saat peringatan Hari Pahlawan di Pendapa Kabupaten Pati, Selasa (10/11).

BACA JUGA : Bupati Pati Wajibkan Satu Rumah Satu Pohon

Dia menyebut, pemberian tali asih tersebut dirintis dan dilakukan sejak masa kepemimpinannya. Bahkan, pihaknya mengatur secara khusus pemberian tersebut dalam regulasi daerah.

Penyaluran santunan bagi veteran dan janda veteran didasarkan atas Peraturan Daerah (Perda) Pati Nomor 13 tahun 2019 tentang APBD 2020 dan Peraturan Bupati (Perbup) Pati Nomor 81 tahun 2019 tentang Penjabaran APBD 2020.

Total tali asih Rp 155 juta diberikan kepada 155 veteran dan janda veteran sehingga masing-masing mendapatkan jatah Rp 1 juta. Penyalurannya melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana Pati.

Haryanto menjelaskan, biasanya bantuan bagi kalangan veteran diberikan saat peringatan HUT Kemerdekaan RI. Nilai santunan untuk tahun ini meningkat dibanding sebelumnya.

Dalam kesempatan itu, bupati mengajak masyarakat untuk meneladani semangat perjuangan veteran. Mengingat mereka merupakan pejuangan kemerdekaan yang tanpa pamrih.

“Atas perjuangan dan jasanya, maka veteran layak mendapatkan penghargaan. Sekarang kita tinggal melanjutkan semangat perjuangan itu dengan bentuk lain sesuai bidang, kompetensi, dan kemampuan kita,” katanya. (SRM)

Tinggalkan Balasan