penyandang disabilitas mental
Penyandang disabilitas mental mendapat sentuhan bantuan dari BRSPDM Margo Laras di Pati. (Foto: suaramuria.com)

PATI, suaramuria.com – Kepala Badan Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental (BRSPDM) Margo Laras di Pati Jiwaningsih menyatakan, penyandang disabilitas tidak boleh lepas dari perhatian di masa pademi Covid-19. Mengingat, mereka rentan kesulitan bertahan hidup dan terdampak Covid-19.

“Salah satu indikator kelompok rentan dan marginal yakni mengalami kesulitan berupaya karena hambatan dalam diri dan lingkungannya. Difabel menjadi salah satu bagiannya sehingga menjadi sasaran untuk kami bantu,” ujarnya di sela-sela pembagian paket sembako di BRSPDM Margo Laras, Rabu (20/5).

Sebanyak 1.181 paket sembako berisi beras, minyak goreng, kecap, sarden, biskuit, telur, serta sabun dibagikan kepada para difabel tersebut. Kebanyakan bantuan diambil pihak keluarga lantaran penyandang disabilitas mengalami kesulitan untuk hadir.

BACA JUGA: Bantuan APD Terus Mengalir di Pati

“Sebagia unit pelaksana teknis di bawah Direktorat Rehabilitasi Sosial, kami mendapatkan tugas menyalurkan bantuan di wilayah Kabupaten Pati dan sekitarnya,” katanya.

Bantuan tidak dibagikan sekaligus. Untuk tahap pertama disalurkan 200 paket bagi difabel di Kecamatan Margorejo. Termasuk penyandang disabilitas mental yang mengalami pemasungan di Kecamatan Jaken, Margoyoso, Kayen, Pucakwangi, Wedarijaksa, Winong, Cluwak, Gabus, Trangkil, Batangan, Jakenan, Sukolilo, Dukuhseti, dan Tlogowungu. Adapun tahap berikut disalurkan, sehari berikutnya yang meliputi kecamatan lain, termasuk kabupaten di sekitar Pati.

“Sekali lagi, difabek mental merupakan kelompok rentan dan butuh bantuan. Selain sembako untuk kebutuhan dasar, mereka juga harus dibantu dalam meminum obat serta didampingi dengan baik agar stabil. Jika mereka dibiarkan saja bertahan hidup sendiri di tengah pandemi, bisa jadi berakibat buruk,” tandasnya.

Bupati Pati Haryanto yang ikut menyerahkan paket bantuan mengapresiasi BRSPDM Margo Laras yang konsisten memerhatikan penyandang disabilitas mental dalam berbagai kondisi. Menurutnya, mereka yang masuk kalangan rentan dan marjinal belum banyak mendapat sentuhan sehingga bantuan kali ini sangat tepat.(SRM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here