- Advertisement -spot_img
26.3 C
Kudus
Sabtu, 22 Januari 2022
BerandaPatiPenipuan Berkedok CPNS, Slip Setoran Senilai Puluhan Juta Diamankan

Penipuan Berkedok CPNS, Slip Setoran Senilai Puluhan Juta Diamankan

- Advertisement -spot_img

PATI, suaramuria.com – Penipuan berkedok CPNS kembali terjadi.Pelaku berhasil memperdaya korbannya dengan iming-iming membantu menjadi pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan pemerintah Kabupaten Pati.

Beruntung kasus itu berhasil diungkap oleh jajaran Kepolisian Resor (Polres) Pati. Dua orang pria kini harus mendekam di balik jeruji penjara untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Kedua orang pelaku itu diketahui berinisial YM warga Padang Sumatera Barat dan M warga Subang Jawa Barat. Sedangkan korban penipuan yakni FS merupakan warga Kabupaten Pati.

BACA JUGA : Polres Pati Dalami Dugaan Penipuan Arisan Online

Petugas berhasil mengamankan 12 slip setoran uang tunai senilai Rp 89 juta yang diduga merupakan uang yang diserahkan korban kepada para pelaku untuk dapat menjadi PNS. selain itu petugas juga menyita lembar surat keputusan (SK) pengangkatan yang diduga palsu serta dua buah telepon genggam.

“Personil kami berhasil mengamankannya di Semarang, yaitu tak lama setelah menerima pengaduan dari salah satu korban warga Kabupaten Pati,”ujar Kapolres Pati AKBP Christian Tobing.

Janjikan

Berdasarkan hasil penyidikan, tersangka menjanjikan korban menjadi PNS di salah satu dinas di lingkungan Pemkab Pati. Sedangkan penipuan ini terjadi pada pekan terakhir Desember tahun 2021.

“Kami akan terus melakukan pendalaman terhadap kasus ini serta melakukan pengembangan. Kami berharap apabila terdapat masyarakat yang menjadi korban perkembangan kasusnya segera melaporkan kasusnya ke Polres Pati,”imbuhnya.

Selain itu, Kapolres juga menyebut bahwa berdasarkan pengakuan kedua tersangka YM dan M, mereka mengaku baru pertama kali melakukan penipuan. Namun demikian akan tetap dilakukan pengembangan kasusnya, dan menyiapkan Pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman hukuman paling lama 4 tahun.

Sementara, Bupati Pati Haryanto yang turut hadir mengaku prihatin terhadap oknum tak bertanggung jawab yang memanfaatkan kesempatan dengan mengiming – imingi korban untuk menjadi CPNS atau penipuan berkedok CPNS.

“Dia (pelaku,Red) menipu korban, tapi juga ditipu oleh oknum yang mengaku pegawai Badan Kepegawaian Negara (BKN). Oleh karena itu kami berharap masyarakat selalu waspada terhadap oknum yang menjanjikan dapat meloloskan tes CPNS, terlebih sampai mengatasnamakan pejabat di Pati,” imbaunya.(srm)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

443FansSuka
397PengikutMengikuti
37PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img

Berita Suara Muria Terkini

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here