Pemkab Siapkan Rp 1,6 Miliar untuk Penerangan Jalan
Bupati Pati Haryanto saat memberikan sambutan. (foto : suaramuria.com)

PATI, suaramuria.com – Pemerintah Kabupaten Pati (Pemkab) Pati memberikan bantuan keuangan untuk penerangan jalan bagi puluhan desa. Tak tanggung-tanggung, anggaran yang digelontorkan mencapai Rp 1,6 miliar.

Bantuan itu diserahkan langsung oleh Bupati Pati Haryanto di ruang Penjawi Setda Kabupaten Pati Senin (2/3). Bupati menyebut bahwa bantuan keuangan tersebut diserahkan kepada 81 desa sekabupaten Pati.

“Sebanyaj 81 desa yang mendapat bantuan keuangan untuk penerangan tersebut, tiap desanya mendapat bantuan sebesar Rp 20 juta. Dan untuk pencairannya dijadwalkan mulai dari Minggu kedua bulan Maret 2020,” terangnya.

BACA JUGA : Bupati Wadul Harga Garam Anjlok

Setelah anggaran dicairkan, maka untuk desa yang telah mendapat bisa dapat merealisasikan. Dengan adanya bantuan tersebut, diharapkan agar desa yang memiliki daerah dianggap rawan dan minim penerangan, dapat diberi penerangan.

“Sehingga dengan adanya bantuan tersebut nantinya tidak akan muncul tindakan yang tidak baik oleh oknum tak bertanggung jawab, serta menghindari terjadinya kecelakaan. Selain itu, dengan adanya penerangan, akses jalan di desa tentunya menjadi lancar,” tegasnya.

Haryanto pun mengatakan bahwa bantuan yang diberikan tersebut tidaklah sekali ini saja melainkan sudah beberapa kali. Namun demikian, bupati menyebut bahwa untuk tahun 2020 ini, pihaknya memprioritaskan untuk menyerahkan bantuan kepada desa – desa yang belum pernah sama sekali mendapat bantuan penerangan.

“Diutamakan yang belum pernah mendapat bantuan penerangan,” ujarnya.

Bantuan keuangan untuk program penerangan jalan desa itu pun mendapatkan respon positif bagi pemerintah desa. Terutama bagi daerah-daerah yang masih memiliki sejumlah titik minim penerangan.

Bankeu tersebut bakal digunakan untuk menambah akses penerangan yang dinilai masih kurang.(SRM)

Tinggalkan Balasan