hotel untuk karantina tenaga medis
Pemkab Pati menyiapkan Hotel Safin untuk tempat karantina petugas medis dan warga yang menjadi ODP. (foto: suaramuria.com)

PATI, suaramuria.com – Pemkab Pati menyediakan hotel untuk karantina tenaga medis yang menangani Covid-19. Pemkab juga menyediakan dokter dan psikolog yang akan melakukan pendampingan.

Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pati Saiful Arifin mengatakan, Hotel Safin telah disiapkan untuk menampung tenaga medis dan tempat karantina.

Saiful Arifin yang juga Wakil Bupati Kabupaten Pati itu mengatakan,  banyak tenaga medis yang kesulitan mencari tempat kos, kontrakan maupun tempat tinggal lain, karena adanya stigma negatif dari masyarakat.

“Hotel Safin menawarkan fasilitas untuk tenaga medis, masyarakat, maupun pemudik yang membutuhkan tempat isolasi selama 14 hari,” ujarnya, awal pekan ini.

Wabup yang juga pemilik Hotel Safin itu mengemukakan, terdapat 119 kamar yang dapat digunakan untuk tenaga medis dan orang yang membutuhkan isolasi mandiri. Konsekuensi atas langkah tersebut, hotel berbintang tiga tersebut tidak menerima tamu reguler.

BACA JUGA: SMA Swasta Tak Kuat Bayar Honor Guru

“Kami sudah melakukan persiapan segala sesuatunya agar nanti dapat melaksanakan sesuai SOP. Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) akan membantu mengontrol agar semua berjalan dengan baik,” katanya.

Pria yang akrab disapa Safin itu mengatakan, hotelnya itu telah steril dan menutup layanan tamu reguler, sejak Senin (20/4).

Karyawan hotel mulai dari petugas front office, housekeeping, hingga petugas keamanan telah siap melakukan pelayanan sesuai SOP. Semua karyawan hotel telah dibekali alat pelindung diri (APD).

Relakan Hotel Lainnya untuk Tenaga Medis

“Tenaga medis dari Dinas Kesehatan juga akan standby di hotel untuk mendampingi pelaku karantina. Kami sediakan pula dokter dan psikolog yang akan membimbing mereka agar tidak stres selama karantina,” paparnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, bagi warga yang akan memanfaatkan fasilitas karantina di Hotel Safin perlu mendapat rekomendasi dari instansi terkait atau kepala desa. Sekaligus melewati pengecekan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pati.

Selain Hotel Safin, wabup mengaku telah merelakan penginapannya yang lain, yakni Hotel Bumi Ciherang di Cianjur, Jawa Barat untuk pelayanan serupa. Hotel berbintang tiga tersebut juga menghentikan pelayanan tamu reguler.(SRM)

Tinggalkan Balasan