27.4 C
Kudus
Kamis, 9 Februari 2023
BerandaKudusPemkab Kudus Bangun Pasar Rakyat di Tiap Kecamatan

Pemkab Kudus Bangun Pasar Rakyat di Tiap Kecamatan

- Advertisement -spot_img

KUDUS,suaramuria.comPemkab Kudus berencana membangun pasar rakyat di setiap kecamatan di Kabupaten Kudus.

Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Kudus, Eko Djumartono menuturkan, pemerintah kecamatan tengah mengajukan penggunaan anggaran Dana Insentif Daerah (DID) menggelar pasar rakyat.

Pengajuan anggaran pasar murah di tiap kecamatan antara Rp 100 juta hingga Rp 200 juta.

BACA JUGA : Gelar Pasar Murah di Setiap Desa, Pemkab Kudus Siapkan Puluhan Ribu Paket Sembako Murah

Seperti diberitakan, Pemkab Kudus tahun ini mendapat DID dari Pemerintah pusat sebesar Rp 10,4 miliar. Dinas Perdagangan telah mengusulkan program pasar rakyat di setiap desa. Total anggaran yang sudah masuk sebesar Rp 5,28 miliar.

Eko menambahkan, dana insentif sebesar Rp 10,4 miliar tersebut akan dihabiskan untuk berbagai kegiatan hingga akhir tahun ini.

Sesuai rencana, dana tersebut akan digunakan untuk tiga kegiatan yakni pemberdayaan usaha mikro kecil menengah (UMKM), Pasar Murah, dan pemberian bantuan langsung tunai (BLT) bagi warga yang terdampak kenaikan harga.

“Tiga kegiatan itu rencananya akan berlangsung bulan November mendatang,” katanya.

Konsep Pasar Malam

Bupati Kudus Hartopo sebelumnya menginstruksikan para camat di sembilan kecamatan di Kabupaten Kudusuntuk menggaet sponsor dalam pelaksanaan pasar rakyat di tingkat kecamatan.

Hartopo menginginkan adanya pasar rakyat dengan konsep pasar malam. Sehingga ada wahana bermain anak-anak dan stan usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang bisa menggaet minat masyarakat untuk datang.

Mayoritas pelaku UMKM, imbuh dia, juga menginginkan kegiatan seperti ini. Karena selain dipasarkan secara daring, mereka juga membutuhkan pemasaran secara konvensional. ”Kalau bisa dilakukan secepatnya,”  katanya.

Hartopo menambahkan, produk UMKM saat ini sudah semakin baik. Terbukti sejumlah produk UMKM di Kudus sudah mampu menembus pasar toko modern. “Untuk lebih mengembangkan produk UMKM ini maka perlu mendapat fasilitas pemasaran lebih luas, salah satunya melalui pasar rakyat ini,” katanya. (srm)

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

443FansSuka
397PengikutMengikuti
37PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img

Berita Suara Muria Terkini

- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini