- Advertisement -spot_img
26.9 C
Kudus
Sabtu, 22 Januari 2022
BerandaJeparaPemkab Jepara door to door Vaksinasi di Karimunjawa

Pemkab Jepara door to door Vaksinasi di Karimunjawa

- Advertisement -spot_img

JEPARA,suaramuria.comPemkab Jepara mempercepat program vaksinasi dengan melaksanakan vaksinasi door to door di Karimunjawa. Petugas Puskesmas Karimunjawa mendatangi satu per satu warga di rumahnya.

Kepala Puskesmas Karimunjawa Suhadi mengatakan, langkah ini untuk mengejar target 100 persen vaksinasi warga di Karimunjawa.

“Pelayanan vaksin door to door sebagai upaya mempercepat pembentukan herd immunity ataukekebalan komunal. Kami berharap, target vaksisasi 100 persen, segera terpenuhi,” katanya.

BACA JUGA : Penangkaran Koral di Karimunjawa

Ia mengatakan, pelayanan kesehatan masyarakat di wilayah kepulauan tersebut, sesuai dengan instruksi Bupati Jepara Dian Kristiandi.

Karimunjawa merupakan satu satunya kecamatan, dari total 16 kecamatan di Kabupaten Jepara, yang terpisahkan oleh laut itu. Capaian vaksinasi di Karimunjawa sudah mencapai 97,12 persen. Untuk mencapai 100 persen pihak Puskesmas terus melakukan vaksinasi door to door ke rumah warga.

Sasaran vaksinasi tidak hanya bagi mereka di Desa Karimunjawa, dan warga Desa atau Pulau  Kemujan yang sudah terhubung jalur darat dari kota Kecamatan Karimunjawa saja. Vaksinasi juga menyasar warga yang tinggal di sejumlah pulai di Karimunjawa seperti Pulau Genting (Desa Karimunjawa), Desa Pulau Parang, dan Desa Pulau Nyamuk.

Warga yang tinggal di  tiga pulau tersebutcukup jauh dari keterjangkauan fasilitas kesehatan.

“Kami juga melakukan vaksinasi door to door, hingga Genting,  Parang, dan Nyamuk untuk menjangkau warga lanjut usia yang ada di sana,” katanya.

Jumlah Penduduk

Suhadi menjelaskan, dari jumlah penduduk Kecamatan Karimunjawa sebanyak 10.122 jiwa,  hingga 3 Desember 2021, total sasaran vaksin usia 12 tahun ke atas sebanyak  8.128 warga. Sebanyak 7.894 warga sasaran (97,12 persen) sudah mendapatkan vaksin dosis 1.

Sedangkan untuk dosis 2, kata Suhadi, sudah  tercapai sebanyak 5.621 orang (69,15 persen). Angka itu jauh di atas rata rata capaian di seluruh wilayah Kabupaten Jepara.

Keterbatasan tempat tinggal mereka dengan fasiltas layanan kesehatan menjadi kendala untuk melakukan vaksinasi. Sehingga yang tepat dengan melakukan jemput bola atau door to door. Selain itu banyak warga yang meninggal dunia yang masih tercatat dalam Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Pemerintah Kabupaten Jepara sendiri menargetkan sebanyak 922.450 warga Jepara harus divaksin Covid-19. (srm)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

443FansSuka
397PengikutMengikuti
37PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img

Berita Suara Muria Terkini

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here