mahasiswa iain
Rektor IAIN Kudus Dr Mudzakir MAg saat menandai penutupan PBAK. (foto : suaramuria.com)

KUDUS, suaramuria.com – Sebanyak 2.510 mahasiswa baru telah rampung mengikuti Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) yang dilaksanakan secara daring oleh IAIN Kudus.

Kegiatan ini telah mengenalkan mahasiswa dengan budaya kampus beserta organisasi kemahasiswaan di dalamnya.

Kepala Subdirektorat Sarana, Prasarana dan Kemahasiswaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) Ruchman Bashori SAg MAg sebagai pemantik acara dalam penutupan kegiatan PBAK menyampaikan, mahasiswa baru IAIN Kudus harus produktif meskipun di tengah pandemi.

Belajar daring, termasuk PBAK daring merupakan pertama kali dan harus dijalani saat ini.

”Namun tantangan ini bukan halangan. Kita tetap harus bisa menyesuaikan diri. Mahasiswa harus tetap produktif,” ungkapnya yang disampaikan lewat aplikasi zoom, Senin malam (7/9).

BACA JUGA : PBAK Daring, Bupati dan Ketua DPRD Beri Motivasi Mahasiswa IAIN Kudus

Produktif di tengah pandemi yang mesti dilakukan adalah tantangan membaca buku. Mahasiswa harus punya target menghabiskan buku dalam retang waktu tertentu. Ini karena ilmu perlu digali dan  dipelajari lewat buku.

”Kita harus terus belajar di manapun dengan kondisi seperti apapun,” tegasnya.

Manfaatkan Fasilitas

Wakil Rektor III IAIN Kudus Dr Ihsan MAg dalam sambutannya juga meminta mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas yang ada di kampus untuk belajar. Termasuk memanfaatkan organisasi kemahasiswaan yang ada di kampus.

”Berorganisasi sangat penting untuk menempa diri, terutama untuk mahasiswa,” terangnya.

Di IAIN Kudus ada 53 organisasi kemahasiswaan yang dapat memberikan pengalaman bagi mahasaiswa sekaligus menempa diri sesuai bakat dan minat. Melalui organisasi ini, mahasiswa juga bisa meningkatkan prestasi baik akademik maupun non akademik.

Rektor IAIN Kudus Dr Mudzakir MAg sekali lagi mengucapkan selamat datang untuk mahasiswa baru yang telah selesai mengikuti PBAK. Bagi yang belum bisa mengikutinya tahun depan.

”Jadi mahasiswa harus lebih produktif dan lebih serius menkuni keilmuan yang dipilih,” pintanya di depan ribuan mahasiswa. (SRM)

Tinggalkan Balasan