- Advertisement -spot_img
25.2 C
Kudus
Minggu, 26 September 2021
BerandaKudusPBAK Daring, Bupati dan Ketua DPRD Beri Motivasi Mahasiswa IAIN Kudus

PBAK Daring, Bupati dan Ketua DPRD Beri Motivasi Mahasiswa IAIN Kudus

- Advertisement -spot_img

KUDUS,suaramuria.com – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus menggelar kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) secara daring yang dimulai Sabtu (5/9) hingga Senin (6/9).

Dalam kegiatan ini, pelaksana tugas (PLT) Bupati Kudus Hartopo datang langsung membuka kegiatan sekaligus memberikan motivasi kepada para mahasiswa yang mengikuti PBAK melalui zoom. Hartono menyampaikan, pendidikan daring  merupakan pilihan yang harus dilakukan di masa pandemi covid-19.

PBAK saat ini menjadi ajang pengenalan budaya kampus yang sangat baik bagi mahasiswa untuk menyesuaikan diri. Hal ini tentunya berbeda dengan masa ospek yang dikenal sebelumnya.

”Ini pengenalan yang positif, berlatih kritis dan penyesuaian menjadi mahasiswa,” ungkapnya.

Menurutnya, mahasiswa IAIN selama ini sudah menunjukkan sikap kritis yang membangun. Bahkan, beberapa waktu lalu, ia sempat melakukan audiensi dengan mahasiswa IAIN yang mengkritisi Pemkab Kudus karena belum mengambil kebijakan bantuan untuk siswa saat pembelajaran daring.

”Ini menjadi masukan, karena benar ada siswa yang kesulitan karena terkendala kuota, bahkan perangkatnya,” beber Hartopo.

Tentukan Tujuan

Dalam kesempatan berbeda, Ketua DPRD Kudus, Masan memberikan motivasi secara daring kepada peserta PBAK. Menurutnya, mahasiswa sejak masuk kuliah harus memiliki cita-cita atau tujuan yang akan dirintis sejak berada di kampus. Sehingga, nanti saat lulus impian tersebut sudah terwujud.

”Jangan sampai, nanti setelah lulus baru bingung cari pekerjaan,” terangnya.

Menurutnya, era teknologi saat ini, dunia sudah berada dalam genggaman. Informasi dan kemudahan bertransaksi bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Oleh karena itu, mahasiswa harus memanfaatkannya.

”Yang terpenting adalah memiliki tekat dan tekun. Modal nanti akan mengikuti,” bebernya.

Rektor IAIN Kudus Dr Mudzakir MAg menyampaikan, keterlibatan Plt Bupati Kudus Hartopo dan ketua DPRD Kudus Masan adalah upaya kampus untuk membangun komunikasi dengan pimpinan daerah dan wakil rakyat. Ini karena kampus IAIN berada di wilayah Kabupaten Kudus, sehingga pengembangan kampus juga membutuhkan dukungan dari pemerintah dan masyarakat.

”Kami juga membangun komunikasi dengan kampus lain dalam rangka mewujudkan bersama tujuan membangun dan mencerdaskan generasi bangsa,” ungkapnya.

Wakil Rektor III IAIN Kudus, Dr Ihsan MAg menyampaikan, tema PBAK kali ini adalah ”Menuju Moderasi Kampus Beragama”. Moderasi beragama dalam pengertian yang luas adalah  bagaimana agama itu memasuki semua wilayah dari agama tidak dalam pengertian normatif ibadah semata tetapi yang penting bagaimana agama itu turun sampai wilayah-wilayah muamalah.

”Sehingga perbedaan-perbedaan pandangan pendapat orientasi bisa disikapi dengan baik melalui komunikasi, agar tujuan bersama bisa diwujudkan,” katanya. (SRM)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

1,011PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: