PATI, Suaramuria.com – Panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) Kedungbulus, Kecamatan Gembong telah menyiapkan sejumlah skema untuk menjaga protokol kesehatan secara ketat. Terutama dalam mengantisipasi kerumunan warga saat nyoblos.

Secara khusus, panitia bahkan menata alur pencoblosan sehingga meminimalisir terjadinya penumpukan warga saat hendak memberikan hak suaranya. Jalur itu dibagi lima sesuai daerah pemilihan yang ada di desa tersebut.

Tempat pemungutan suara (TPS) tampak dibuat steril. Bahkan yang bisa masuk dilokasi hanya orang-orang yang sudah siap menggunakan hak pilihnya. Hampir tidak ada orang yang harus antre menunggu.

Sebelum masuk, pemilih pun diminta untuk cuci tangan serta dilakukan tes suhu. Setelah dinyatakan aman, panitia akan memberikan surat suara. Meja panitia juga telah dilengkapi dengan plastik pelindung.

Tak cukup dengan itu, panitia juga memberikan sarung tangan untuk mencoblos. Dengan harapan hal itu bisa meminimalisir potensi penyebaran Covid-19.

“Begitu pula untuk yang memiliki suhu tinggi juga kami arahkan untuk ke bilik khusus. Bilik itu setelah digunakan akan langsung kami semprot dengan disinfektan,”terang Ketua Panitia Pilkades Kedungbulus, Ngusmin.

Pihaknya pun mengaku telah menyiapkan total 10 bilik suara yang bisa digunakan. Hal itu dilakukan agar proses pencoblosan lebih cepat dan tidak berkerumun.

“Kami juga telah mengatur jadwal atau waktu warga untuk mencoblos. Setiap jam perdapilnya kami alokasikan untuk sekitar 75 warga. Dengan begitu harapannya bisa menghindarkan dari kerumunan. Meskipun ada yang datang tidak sesuai jadwal,”imbuhnya.

BACA JUGA : Pemilihan Kades Tlogorejo Sempat Memanas

Tak hanya itu, panitia juga telah menyiapkan tim kesehatan. Satu coordinator dan lima anggota yang bertugas melayani protokol kesehatan seperti menyediakan sarung tangan plastik, termogun, cuci tangan pakai sabun maupun handsanitizer.

“Panitia pun terus mengingatkan kepada warga pemilih untuk tetap menjaga protokol kesehatan demi kebaikan bersama,”imbuhnya.

Seperti diketahui di Desa Kedungbulus, Kecamatan Gembong sendiri tercatat untuk daftar pemilih tetap (DPT) diketahui sebanyak 2.146 orang yang terbagi dalam lima daerah pemilihan. Sementara itu ada dua calon yang mengikuti pesta demokrasi di tingkat desa tersebut.(srm)

Tinggalkan Balasan