warga tionghoa bagikan mainan
Anak-anak mendapat mainan gratis dari Organisasi Cinta Tanah Air (OCTA) Pati dan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI).(foto:suaramuria.com)

PATI, suaramuria.com – Kepedulian sosial di saat pandemi bermunculan dari sejumlah kalangan. Warga Tionghoa bagikan mainan untuk anak-anak dan ribuan paket sembako, Senin (18/5).

Aksi sosial tersebut digelar Organisasi Cinta Tanah Air (OCTA) Pati dan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI). Mereka menyasar warga kurang mampu di sejumlah desa di Kecamatan Pati Kota.

“Kami tidak hanya memerhatikan kebutuhan hidup keluarga kurang mampu, tetapi juga anak-anak mereka. Makanya kami memberikan mainan untuk mengurangi kejenuhan di saat mereka bermain di rumah,” ujar Ketua OCTA Hardjono Dwi Sandjoyo.

BACA JUGA: Dinsos Pati Sisir Penerima Bantuan Sosial Tunai

Warga Tionghoa bagikan mainan ini disambut antusias oleh anak-anak. Mereka bahkan langsung membuka untuk memainkannya.

Dia menjelaskan, bantuan itu diberikan untuk ikut berbagi keberuntungan. Dalam tahap pertama ini setidaknya ada seribu paket sembako yang didistribusikan. Bantuan tersebut dikhususkan untuk warga tidak mampu dan terdampak pandemi Covid-19.

“Untuk tahap kedua kami salurkan setelah lebaran. Karena bantuan ini kami lakukan secara berkelanjutan,’ ujarnya.

Kedua organisasi tersebut berencana memberikan bantuan hingga pendemi berakhir. Itu bagian dari peran mereka untuk bergotong royong dalam kondisi bencana. Sekaligus mendukung anjuran pemerintah agar masyarakat berdiam di rumah.

“Meskipun berdiam di rumah, kebutuhan mereka tetap dapat terpenuhi. Makanya kami bergerak untuk membantu,” tandasnya.(SRM)

Tinggalkan Balasan