Pandemi Covid-19 Tingkatkan Kepekaan Sosial

0
pandemi covid-19
Jajaran Persit KCK Cabang XLI Kodim 0720 Rembang membagikan paket sembako untuk penghuni panti asuhan Ngisor Waru di Kecamatan Kota, sebagai upaya meringankan beban di tengah wabah Covid-19. (foto : suaramuria.com)

REMBANG, suaramuria.com – Jika ada salah satu nilai positif yang muncul di tengah pandemi Covid-19, hal itu adalah meningkatnya kepekaan sosial. Kondisi tersebut bisa dibuktikan dengan makin banyaknya pihak yang berlomba-lomba meringankan beban warga terdampak penyebaran Covid-19.

Tak terkecuali di Kabupaten Rembang.

Banyak pihak turun tangan menyampaikan bantuan sampai sekarang. Salah satunya adalah Kodim 0720 Rembang. Berbagai bantuan dan upaya sudah dilakukan oleh Kodim 0720 dalam perang melawan Covid-19.

Upaya dan bantuan tersebut bukan hanya langkah antisipatif, tetapi juga penanggulangan dampak yang muncul dari pandemi tersebut.

Sejak Covid-19 mewabah, berbagai upaya dilakukan oleh jajaran Kodim 0720. Pertama adalah penyemprotan cairan disinfektan. Langkah ini dilakukan di masing-masing wilayah Koramil dengan memberdayakan Bintara Pembina Desa (Babinsa).

BACA JUGA : Arwani Thomafi Gelar Lomba Video Instagram

Makodim dan Makoramil pun juga diberlakukan protokoler ketat dalam menyikapi pandemi Covid-19, seperti cuci tangan dan tes suhu badan bagi siapa pun yang berada di sana.

“Seluruh personel kami minta utuk mentaati protokoler penanggulangan dan pencegahan pandemi Covid-19. Makodim dan seluruh Koramil sudah dilengkapi dengan cuci tangan dan juga hand sanitazer. Kami mendukung upaya pemerintah,” terang Dandim 0720 Letkol Arh Andi Budi Sulistianto.

Upaya lebih masif dari Kodim 0720 adalah mendirikan dapur umum. Dibantu dengan personel Polres Rembang, dapur umum dibuka setiap Selasa. Awaknya adalah personel Kodim 0720 ddibantu Polres. Sekali operasional, dapur umum bisa menghasilkan hingga 1.500 nasi bungkus.

Nasi bungkus dibagikan kepada warga terdampak Covid-19 di 14 kecamatan. Nasi-nasi bungkus tersebut diantarkan langsung prajurit ke rumah warga kurang mampu.

“Ini adalah aksi kepedulian teman-teman dari Kodim dan Polres dalam upaya meringankan beban warga kurang mampu yang terdampak korona. Ada 1.500 paket nasi bungkus yang kami bagikan dari berdirinya dapur umum,” kata Dandim.

Bantuan Sembako

Selain dapur umum, jajaran Kodim melalui Persit KCK Cabang XLI juga memberikan bantuan sembako kepada anak-anak di panti asuhan. Harapanya, sembako tersebut bisa menambah keceriaan anak panti di tengah Cobid-19 dan Ramadan.

“Kami bagikan semabako yang terdiri dari mi instan, minyak goreng dan beras. Semabako dikelola oleh panti. Kami juga memberikan santuan untuk belasan anak penghuni panti,” ujar Ketua Persit KCK Cabang XLI, Endah Sulistianto.

Kodim pun menempatkan personelnya bertugas di 4 perbatasan luar Kabupaten Rembang. Mereka ikut dalam operasional posko pemantauan pemudik yang didirikan di Kecamatan Sale, Kaliori, Sarang dan Bulu.

Babinsa bersama dengan Bhabinkamtibmas juga siga patroli ke desa binaan, termasuk desa siaga Covid-19. (SRM)

 

Tinggalkan Balasan