- Advertisement -spot_img
24.2 C
Kudus
Senin, 27 Juni 2022
BerandaPendidikanPameran Seni Kaligrafi ala Pelajar SMP 2 Gebog

Pameran Seni Kaligrafi ala Pelajar SMP 2 Gebog

- Advertisement -spot_img

KUDUS,suaramuria.com – Tak hanya mengejar prestasi akademik, pelajar SMP 2 Gebog, Kabupaten Kudus memiliki bakat seni kaligrafi. Hal ini ditunjukkan dalam pameran seni kaligrafi yang digelar, Kamis (19/5).

Para pelajar sekolah itu memamerkan sebanyak 279 karya seni kaligrafi di halaman SMP 2 Negeri Gebog. Hadir Bupati Kudus Hartopo melihat langsung karya pelajar tersebut.

“Kami apresiasi adanya pameran seni kaligrafi ini karena menjadi kebanggaan para siswa bahwa karyanya juga ikut dipamerkan,” kata Bupati Kudus Hartopo ditemui usai membuka pameran karya seni SMP 2 Gebog di Kudus.

BACA JUGA : Sulikin, Difabel Kreatif Hasilkan Seni Ukir Bernilai Ekonomi

Ia berharap dengan adanya pameran tersebut, para siswa yang memiliki minat di bidang seni juga termotivasi untuk meningkatkan keahliannya di bidang seni kaligrafi. Apalagi, jangka panjang bisa menjadi seniman profesional yang bisa menghasilkan pemasukan.

Menurut dia SMP 2 Gebog bisa menjadi proyek percontohan sekaligus menjadi inspirasi sekolah lain, mengingat di sekolah lain juga terdapat sekolah yang memiliki keahlian di bidang desain busana maupun kuliner.

“Nantinya, seni kaligrafi karya para siswa tersebut juga bisa dikomersilkan. Untuk menuju ke sana, sebaiknya siswa didorong tidak hanya menekuni seni dekoratif, melainkan bisa pula seni abstrak agar nilai jual karya seninya semakin tinggi,” ujarnya.

Bimbingan Guru

Kepala Sekolah SMP 2 Gebog Kudus Mukhif Noor mengungkapkan siswa kelas IX yang seharusnya membuat karya seni kaligrafi ada 180 siswa, namun satu orang di antaranya mengalami kecelakaan sehingga yang diikutkan pameran ada 179 kaligrafi.

Para siswanya itu mengerjakan seni kaligrafi  di sekolah, sejak Januari lalu. Mereka mendapat bimbingan guru seni. Sebagian siswa menyelesaikan seni kaligrafinya di rumah.

“Hasil karya seni tersebut, merupakan bagian dari tugas akhir siswa. Tujuannya untuk membekali keahlian di bidang seni, siapa tahu ada yang tertarik dan mengembangkan sendiri ke tingkat selanjutnya,” ujarnya.

Ratusan seni kaligrafi karya siswa tersebut, dipamerkan selama tiga hari dimulai hari ini (19/5) hingga Sabtu (21/5). Setiap harinya akan ada ratusan siswa sekolah dasar (SD) maupun sederajat di daerah setempat yang akan melihat karya seni tersebut. (srm)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

443FansSuka
397PengikutMengikuti
37PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img

Berita Suara Muria Terkini

- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini