pabrik tekstil di pati
Bupati Pati Haryanto didampingi Kepala DPMPTSP Sugiyono menerima kunjungan petinggi perusahaan tekstil, PT Sejin Fashion Indonesia. (foto: suaramuria.com)

PATI, suaramura.com – Bupati Pati Haryanto menyatakan, dalam waktu dekat akan ada penyerapan tenaga kerja lokal dalam jumlah relatif besar. Dalam waktu dekat akan dibangun pabrik tekstil di Pati.

Pabrik tekstil di Pati yang bernaung dalam PT Sejin Fashion Indonesia itu kini tengah mempersiapkan pengoperasian. Perusahaan penanaman modal asing (PMA) tersebut berdiri di Jalan Raya Pati-Kudus KM 7 Desa Bumirejo, kecamatan Margorejo.

“Kami menyambut positif keberadaan perusahaan padat karya. Karena akan memberi multiplier effect bagi warga Pati. Selain mengurangi angka pengangguran, daerah juga mendapat retribusi dan tambahan pendapatan asli daerah (PAD),” ujar Haryanto seusai menerima Presiden Direktur PT Sejin Fashion Indonesia Park Ho Jung beserta Manajer Mr Lee, Selasa (25/2).

Kedua pimpinan perusahaan tersebut menemui bupati didampingi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sugiyono. Dalam kesempatan itu, Lee mengungkapkan, perusahaan yang dipimpinnya akan beroperasi pada Juni 2020.
“Kami membuka lowongan kerja bagi warga Pati. Untuk sementara akan menampung 500 pekerja,” katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pekerja akan menjalani pelatihan terlebih dahulu. PT Sejin akan berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Pati untuk memberi pelatihan agar pekerja yang direkrut terampil dan berkapabilitas.

BACA JUGA: Pati Jadikan Durian Potensi Unggulan

Perusahaan tekstil itu mulai melengkapi perizinannya, seperti Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan OSS. PT Sejin menanamkan investasi senilai Rp 1,2 triliun dan masuk menjadi salah satu daftar pernyataan kepeminatan (LoI) pada acara Pati Business Forum, beberapa waktu lalu.

Pati Business Forum merupakan acara rutin setahun sekali yang digelar DPMPTSP Pati sebagai salah satu cara untuk menggaet investor untuk menanamkan modal di Bumi Mina Tani.

Kepala DPMPTSP Sugiyono mengemukakan, masuknya sejumlah PMA membuktikan Pati sebagai kabupaten layak untuk menanamkan modal. Pihaknya berkomitmen dan siap membantu proses perizinan dengan proses mudah, cepat, dan transparan.(SRM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here