Oksigen KSH Tayu
Petugas Polres Pati saat membantu mencarikan oksigen baru - baru ini. (foto : suaramuria.com/dok)

PATI, suaramuria.com – Oksigen di rumah sakit KSH Tayu Pati sempat menipis pada Senin (12/7) kemarin. Beruntung persoalan itu bisa sedikit teratasi setelah tim pengawal oksigen Polres Pati membantu mencarikannya.

Kapolres Pati AKBP Cristian Tobing melalui Kasubaghumas Iptu Sukarno mengatakan, pada Senin (12/7) malam Keluarga Sehat Hospital (KSH) Tayu melalui managernya yakni dr Retno memang telah melaporkan ketersediaan oksigen dalam keadaan menipis.

“Kebetulan saat itu KSH Tayu tidak mempunyai tabung liquid sehingga hanya bergantung pada ketersediaan oksigen tabung 6 meter kubik dan PGS saja. Sedangkan pada Senin (12/7) siang hanya tersisa delapan tabung saja. Jumlah itu diprediksi bisa bertahan sampai siang hari,”terangnya.

BACA JUGA : Tim Pengawal Oksigen Disiapkan Antisipasi Kelangkaan

Lantaran belum memiliki gambaran untuk mendapatkan tabung, pihak rumah sakit tersebut kemudian melaporkannya ke grup whatsapp Oksigen Jateng. Dari laporan itu, tim dari Polres Pati pun turut bergerak untuk mencarikan.

“Tim dari polres segera berkoordinasi dengan sejumlah rumah sakit yang memiliki stok oksigen,”ujarnya.

Hasilnya, tim dari Polres Pati berhasil meminjamkan tabung 6 meter kubik sebanyak 10 tabung dari RS Sebening Kasih Tayu, dan meminjamkan sebanyak 15 tabung dari RS KSH Pati.

“Petugas juga membantu berkoordinasi dengan PT Samator Kudus sehingga pengiriman oksigen tabung 6 meter kubik yang merupakan jatah RS KSH Tayu dapat dikirim lebih cepat,”tambahnya.

Selain membantu aktif mencarikan, tim dari Satreskrim Polres Pati juga telah menyiapkan armada khudus untuk pengangkut oksigen. Hal itu diharapkan dapat turut membantu mengantisipasi terjadinya kelangkaan oksigen.

“Bagaimanapun oksigen begitu penting untuk penanganan pasien Covid-19. Sehingga jangan sampai terjadi kelangkaan maupun keterlambatan dalam pengirimannya,”imbuhnya.(srm)

Tinggalkan Balasan