Momen Kemerdekaan jadi Semangat Berjuang Lawan Pandemi

0
momen kemerdekaan
Jajaran Forkopimda saat bersiap menggelar upacara peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia. (foto : suaramuria.com)

PATI, suaramuria.com – Momen kemerdekaan menjadi semangat dalam berjuang melawan pandemi. Hal itu digelorakan saat Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggelar ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Giri Dharma, tepatnya di Desa Puri, Kecamatan Kota, Kabupaten Pati.

Ziarah itu dilakukan seusai penyelenggaraan upacara bendera di halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Pati. Dalam giat tersebut tampak dipimpin langsung Kapolres Pati AKBP Christian Tobing. Selain itu juga terlihat Bupati Pati Haryanto serta sejumlah pejabat lainnya.

Ziarah diawali dengan upacara yang berisi penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga, dan penghormatan terakhir pada para pahlawan. Barulah dilakukan tabor bunga di atas pusara para pahlawan.

Bupati Pati Haryanto mengatakan bahwa sudah dua kali peringatan hari kemerdekaan terpaksa digelar secara sederhana.Meski sederhana, namun hal itu tak akan mengurangi nilai kemerdekaan.

“Sudah dua kali penyelenggaraan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia di tengah pandemi Covid-19. Dengan kesederhanaan, karena memang situasi kondisi masih seperti ini. Tujuannya dilakukan sederhana agar tidak terjadi kerumunan, tidak terjadi klaster baru,”ujarnya.

Meski situasi serba sulit akibat pandemi, Haryanto mengajak masyarakat agar tidak melupakan jasa-jasa dari para pahlawan terdahulu dalam meraih dan mempertahankan kemerdekaan.

BACA JUGA : Teatrikalisasi Kemerdekaan di Panggung Komunikasi Sosial Kodim Pati

Haryanto juga menegaskan, masih diperlukan upaya untuk menyosialisasikan bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir.

“Baru saja Inmendagri turun, PPKM diperpanjang lagi, Pati masih di level 3. Jika masyarakat menghendaki semua kegiatan bisa dilaksanakan sebebas-bebasnya, kita belum bisa. Harus memahami dan sabar. Karena semua dalam rangka menjaga kesehatan masyarakat,”imbuhnya.

Momen kemerdekaan inipun diharapkan dapat dijadikan semangat dalam berjuang melawan pandemi. Salah satunya yakni tetap mematuhi protokol kesehatan sehingga bisa memutus penularan Covid-19.(srm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here