pengembangan investasi daerah
Anggota Komisi VI DPR RI Marwan Jafar (foto: suaramuria.com)

PATI, suaramuria.com – Anggota Komisi VI DPR RI Marwan Jafar mendorong pengembangan ekonomi di daerah-daerah lebih cepat. Bahkan, dirinya siap memfasilitasi dalam upaya mendongkrak pengembangan investasi daerah.

“Jawa Tengah menarik investor, baik dalam maupun luar negeri. Daerah harus menangkap itu dan bisa saya bantu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM), maupun instansi lain yang merupakan mitra Komisi VI DPR RI,” ujarnya, baru-baru ini.

Wakil rakyat dari Fraksi PKB ini menilai, sejumlah daerah di Jawa Tengah seperti Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan memiliki potensi untuk menggenjot masuknya investasi. Baik, investasi berupa penanaman modal dalam negeri (PMDN) maupun penanaman modal asing (PMA).

BACA JUGA: Marwan: Empat Pilar Kebangsaan Sudah Final

“Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan dapat mengusulkan tujuan atau destinasi investasi. Tidak hanya skala kecil, tetapi menengah dan besar,” katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, keempat kabupaten tersebut memiliki potensi besar untuk menarik investasi. Selain lahan yang relatif masih luas, tenaga kerja di daerah juga banyak tersedia.

Pria asal Pati ini mengemukakan, belakangan ini investor mulai menggeser investasinya dari Jawa Barat dan Banten ke Jawa Tengah.

“Daerah dapat berlomba meningkatkan pendapatan jika masuknya investasi diupayakan serius. Penting untuk menyiapkan segala sesuatunya, terutama penyederhanaan birokrasi untuk pengembangan investasi daerah,” tandasnya.

Sejalan dengan itu, Marwan juga mengingatkan pemerintah daerah untuk tidak mengabaikan industri kecil menengah (IKM) serta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Mengingat, keberadaan dan perkembangan IKM serta UMKM dapat menjadi penopang daya beli masyarakat.

“Di masa pandemi Covid-19, daya beli masyarakat terus menurun. Perlu upaya komprehensif dari pemerintah pusat hingga daerah untuk mengatasi itu,” lanjutnya.(SRM)

Tinggalkan Balasan