26.9 C
Kudus
Sabtu, 20 Juli 2024
BerandaPendidikanMahasiswa UMKU KKN di Lokasi Bencana Cianjur, Ini Kegiatannya

Mahasiswa UMKU KKN di Lokasi Bencana Cianjur, Ini Kegiatannya

- Advertisement -spot_img

KUDUS, bermasa.com – Mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMKU) menalani program Kuliah Kerja Nyata (KKN) selama sebulan di lokasi bencana gempa bumi Cianjur, Jawa Barat. Banyak kegiatan mahasiswa UMK pada KKN untuk warga korban bencana tersebut.

Selain program kemanusian, penerjunan mahasiswa tersebut dalam rangka KKN tematik di lokasi bencana sejak 14-28 Februari 2023.

Selama menjalani program KKN, para mahasiswa melakukan penataan dan pendataan gudang obat dan Mengikuti survei pembuatan sumur bor di pos layanan Gunung Ciputeri dan Rawacina.

BACA JUGA : Ular Tangga Raksasa Karya Mahasiswa IAIN Ini Kenalkan Anak Moderasi Bergama

Ada cerita haru di Desa Sukamulya Dukuh Baru Kaso dan Desa Mangun Karta.

Warga dari dua desa tersebut merupakan korban bencana gempa berkekuatan magnitudo 5,6 pada Senin, 21 November 2022 lalu.

Di desa itu, mahasiswa menggelar program pelayanan cek kesehatan gratis.

Tim relawan memilih Pendopo Saung Sapa sebagai tempat pelayanan kesehatan. Tempat tersebut sangat representatif, terlebih lokasi puskesmas sangat jauh dengan dua desa tersebut.

Warga rela mengantre sejak pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Faruq mahasiswa Prodi S1 Keperawatan UMKU yang juga berperan sebagai koordinator relawan pun merasa senang dapat membantu para korban.

“Tentunya kami sedih karena para korban belum bisa hidup seperti sedia kala, tapi kami juga bersyukur dapat membantu sesama, utamanya memberikan pelayanan kesehatan secara gratis kepada warga setempat,” katanya.

Kegiatan pelayanan kesehatan itu, kaya Faruq, juga menggandeng MDMC.

Pelayanan Kesehatan

Faruq yang juga Presiden BEM UMKU menambahkan, bentuk  Pelayanan kesehatan yang diberikan berupa cek gula darah, kolestrol, asam urat dan lain-lain.

Warga sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Hal itu dapat dilihat dari catatan panitia terdapat 150 lebih warga yang mengikuti cek kesehatan.

BACA JUGA  Dialokasikan Rp 54 Miliar, BLT untuk Pekerja Rokok di Kudus Meningkat

Rektor UMKU Rusnoto mengatakan, Proggram KKN di daerah yang terkena musibah bencana alam gempa bumi memberikan pengalaman berharga bagi para mahasiswa.

Selain sebagai relawan, pihak kampus juga memberikan nilai plus kepada sepuluh mahasiswa UMKU yang rela hati diterjunkan untuk membantu para korban.

“Secara pribadi dan mewakili kampus, kami bersyukur sebanyak sepuluh mahasiswa UMKU KKN ini bisa memberikan kebermanfaatan bagi sesame. Kegiatan ini juga kita nilai sebagai KKN yang sifatnya pegabdian kepada masyarakat,” kata Rusnoto. (srm)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

443FansSuka
397PengikutMengikuti
37PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img

Berita Terkini

- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini