libur hari raya
Warga menjalankan salat Idul Adha di Masjid Agung Kudus, JUmat (31/7) pagi. (foto : dok/suaramuria.com)

KUDUS, suaramuria.com – Plt Bupati Kudus Hartopo mengingatkan warga untuk tidak memanfaatkan libur hari raya Idul Adha untuk berlibur di tempat wisata. Kerumunan warga di tempat wisata berpotensi menjadi tempat penularan virus Covid-19.

Mengisi pidato sebelum salat Idul Adha di Masjid Agung Kudus, Jumat (31/7), Hartopo mengimbau agar warga menjauhi tempat wisata selama libur hari raya ini. “Warga perlu ekstra hati-hari dan selalu menjalankan protokol kesehatan,” katanya.

Meski libur panjang, warga diimbau untuk tetap di rumah selama tidak ada keperluan mendesak. Hartopo mengatakan, tren penularan Covid-19 di Kabupaten Kudus cukup tinggi. Trennya masih terus meningkat.

BACA JUGA : Retribusi RPH di Kudus Digratiskan untuk Pemotongan Hewan Kurban

Hingga Kamis (30/7), total ada sebanyak 807 orang warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Dari jumlah itu, sebanyak 628 warga yang positif Covid-19 berasal dari Kabupaten Kudus. Sisanya sebanyak 179 kasus dari luar daerah.

Terakhir, terdapat sepuluh kasus baru positif Covid-19 di Kabupaten Kudus. Yang memprihatinkan, salah satunya adalah bayi perempuan dari Desa Tenggeles, Kecamatan Mejobo. Bayi berusia dua minggu itu dinyatakan positif berdasarkan hasil tracing contact tanggal 3 Juli dengan penyakit penyerta

“Mengingat masih tingginya angka penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kudus, kami minta kesabaran dan kedisiplinan masyarakat untuk tetap di rumah, jika tidak ada keperluan yang mendesak. Jangan ceroboh dan jangan liburan dahulu, waktunya tidak tepat,” katanya,

Yang paling penting, lanjut dia, warga perlu diingatkan untuk selalu menjaga kebersihan untuk terhindar dari Covid-19. Ia mencontohkan, untuk selalu menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah beraktivitas, dan jaga jarak.

Hal tersebut juga sesuai dengan hadits yang menerangkan bahwa kesehatan merupakan sebagian dari iman. “Mari kita tetap pakai masker dimanapun berada, mencuci tangan pakai sabun dan jaga jarak. Ingat, kebersihan merupakan sebagian dari iman,” katanya.

Serahkan Hewan Kurban

Sementara itu, pelaksanaan salat Idul Adha di Masjid Agung Kudus berjalan dengan tertib dan sangat memperhatikan protokol kesehatan.

Usai melaksanakan salat, Hartopo menyerahkan hewan qurban kepada ketua takmir Masjid Agung Kudus, Noor Badi. Pihaknya berharap hewan qurban dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan, terutama masyarakat terdampak Covid-19. Plt.

Bupati juga berpesan agar saat penyembelihan dan pembagian hewan qurban nanti protokol kesehatan harus terus diterapkan. (SRM)

Tinggalkan Balasan